Percepat Penanganan Stunting, Satu PNS Jadi Orang Tua Asuh Satu Anak 

Percepat Penanganan Stunting, Satu PNS Jadi Orang Tua Asuh Satu Anak 

--

RADARJABAR.ID, - Rapat Kerja Daerah Program Bangga Kencana Provinsi Jawa Barat dilaksanakan di hotel Holiday Inn kota Bandung pada tanggal 14 februari 2023.

Tujuan rakerda ini untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi antara berbagai pihak terkait guna mencapai target program Bangga Kencana dan penurunan stunting di wilayah tersebut.

Rapat kerja ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mendorong terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir dan Batin. 

Program Bangga Kencana merupakan program pemerintah pusat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu hamil, bayi, dan balita di Indonesia.

Program ini mengusung konsep pelayanan kesehatan yang holistik, terpadu, dan berkelanjutan. Dalam konteks Jawa Barat, program Bangga Kencana diintegrasikan dengan program penurunan stunting, yang merupakan salah satu prioritas pembangunan kesehatan.

Rapat kerja ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, seperti perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dinas Kesehatan, dan berbagai stakeholder lainnya.

Dalam rapat kerja ini, dilakukan diskusi dan presentasi terkait upaya-upaya yang telah dilakukan serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program Bangga Kencana dan penurunan stunting di Jawa Barat.

Salah satu hal yang dibahas dalam rapat kerja ini adalah upaya untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi antara berbagai pihak terkait dalam pelaksanaan program Bangga Kencana dan penurunan stunting.

Hal ini dianggap penting karena program tersebut melibatkan banyak stakeholder yang memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Dalam rapat kerja ini, disepakati untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi antara pihak-pihak terkait, serta melakukan kolaborasi dalam hal pengembangan program dan pelaksanaan kegiatan.

Pada kesempatan ini melaporkan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat(Jabar) beberapa hal.

Pelaksanaan kegiatan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Program Bangga Kencana Tk. Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 dilaksanakan selama 2 (dua) hari dimulai dari Pra Rakerda, bertujuan untuk Mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan di Jawa Barat pada tahun 2022.

Merencanakan, menyusun dan membahas kebijakan dan strategi operasional pelaksanaan pada tahun 2023, dan yang paling penting adalah sebagai forum konsolidasi dan menggalang penguatan komitmen bersama seluruh pihak dan stake holder dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana di Jawa Barat pada tahun 2023 guna mewujudkan Agenda Pembangunan yang tertuang dalam Dokumen RPJMN 2020-2024. 

BKKBN telah melaksanakan Program Pemerintah diantaranya Pengendalian Kuantitas Penduduk, keberhasilan tersebut ditandai dengan telah menurunnya Indikator Laju Pertumbuhan Penduduk Jawa Barat menjadi 1,34 pada tahun 2020, begitu juga dengan capaian Pola Kelahiran Total atau Total Fertility Rate (TFR) yang sudah mencapai 2,11 dan Kelahiran Kelompok Umur (ASFR) Usia 15-19 Tahun yang turun menjadi 24,46/1000 Kelahiran (berdasarkan Hasil Long Form Sensus Penduduk Tahun 2020 yang telah dirilis BPS).

Sumber: