Dana Samisade Sudah Cair, DPMD Minta Tim Verifikasi Kecamatan Awasi Penyaluran

Dana Samisade Sudah Cair, DPMD Minta Tim Verifikasi Kecamatan Awasi Penyaluran

Dana Samisade Sudah Cair, DPMD Minta Tim Verifikasi Kecamatan Awasi Penyaluran--

BOGOR - Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) telah dilaunching untuk sejumlah desa yang ada di Kabupaten Bogor.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor mencatat ada sebanyak 413 desa yang sudah mengajukan permohonan pencairan dana Samisade.

"Sudah jalan semuanya. Hampir semua desa sudah mulai mengusulkan tahap pertama yang 60 persen," kata Kepala DPMD Reynaldi kepada Jabar Ekspres, Sabtu 29 Oktober 2022.

Dirinya meminta, tim verifikasi tingkat kecamatan di lapangan untuk melakukan pengawasan kepada desa-desa yang tengah melakukan pengerjaaan.

"Ada beberapa aspek yang harus dicermati oleh tim verifikasi diantaranya aspem admistrasi baik di tahap pertama pencairan maupun administrasi permohonan," tambahnya.

Kepada tim verifikasi, Reynaldi berpesan agar melihat juga dari sisi aspek fisik pengerjaan agar tetap menjaga kualitas yang baik ketika selesai pengerjaan.

"Juga soal waktu pelaksanaan, mulai dari permohonan, mekanisme pencairan, hingga pelaksanaan itu harus diperhatikan," bebernya.

Reynaldi menambahkan, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan sebelumnya, sudah memberikan pesan ke tim verifikasi di kecamatan yang ada di kabupaten Bogor agar dapat memaksimalkan dalam hal verifikasi administrasi maupun yang lainnya.

"Plt Bupati berpesan mengoptimalkan kewenangan tim verifikasi, kemudian cermati cuaca, kondisi di lapangan, agar kekhawatiran-kekhawatiran yang muncul bisa di minimalisir," tambahnya.

Sementara itu, Camat Sukamakmur Bakri Hasan mengungkapkan, seluruh desa yang ada di Kecamatan Sukamakmur sudah mengajukan permohonan pencairan dana program Samisade.

" Semuanya sudah mengajukan permohonan, untuk waktu pengerjaan cukup atau tidak dari waktu yang ditentukan saya kira pasti kekejar," ujarnya.

Kecamatan Sukamakmur sendiri sebanyak 10 desa sudah dilakukan pencarian dana dan masuk pada rekening kas desa.

"Baru 7 desa yang cair dari 10 desa, tiga lagi masih proses pencarian," pungkasnya.

 

Sumber: