Jelang Reaktivasi, Ini Tanggapan Anak Muda Bandung Soal Teras Cihampelas

Jelang Reaktivasi, Ini Tanggapan Anak Muda Bandung Soal Teras Cihampelas

AKTIVITAS: Pedagang kaki lima (PKL) di Skywalk Cihampelas atau Teras Cihampelas, menunggu pembeli yang datang di kios jualannya. - Kholid/Jabar Ekspres--

BANDUNG - Teras Cihampelas merupakan salah satu konsep pedestrian yang berada di Kota Bandung. Diketahui, pembangunan skywalk tersebut rampung pada tahun 2017, semasa Wali Kota Ridwan Kamil.

Teras Cihampelas terinsiprasi dari negara Jepang, yakni untuk menata pedagang kaki lima (PKL) di kawasan perbelanjaan yang akan membuat kawasan tampak asri dan eye catching.

Namun, setelah kepemimpinan Kota Bandung berganti, serta dihantam badai pandemi, teras Cihampelas perlahan-lahan makin tampak memelas. Tak hanya itu, pembangunan tahap dua teras Cihampelas pun tak kunjung rampung.

Melihat hal tersebut, seorang warga Bandung, Lina (21) menyayangkan teras Cihampelas masih terbengkalai. Terlebih di sana, katanya, pusat dari geliat ekonomi perbelanjaan oleh-oleh.

Dia menambahkan, selain pusat belanja 'buah tangan', Teras Cihampelas yang memiliki spot-spot kuliner, mestinya, kembali lebih digiatkan.

"Terus yang paling jadi highlight-nya buat beli oleh oleh. Kecewa sih enggak, tapi amat menyayangkan gitu," ujar Lina kepada Jabar Ekspres, Kamis (20/10).

Lain halnya Lina, Fajri (21) mengaku bahwa tidak tertarik untuk sekadar berkunjung ke Skywalk Cihampelas. Menurutnya, penataan para pedagang termasuk kios-kiosnya, kurang menarik.

"Padahal itu udah skywalk di atas jalan raya, tapi kalau misalkan tempatnya kurang mendukung, kurang kekinian. Ya sayang aja padahal sudah bagus tempatnya strategis lokasinya," ungkapnya.

Fajri menjelaskan, Teras Cihampelas saat ini, seolah tidak menargetkan pengunjung dari kaula muda. Dirinya dapat menilai dari gaya tempat dan warna yang digunakan.

Warna mencolok, lanjutnya, dimana berbanding terbalik dengan minat kaula muda seperti earth tone. "Sebagai kaum milenial yang suka ngopi nongkrong ini kayak bukan target mereka. Warna soft atau pastel yang digunakan," kata Fajri.

Lantas keduanya pun berharap, sebagai salah satu objek wisata di kota Bandung, pembangunan Teras Cihampelas diharapkan dapat terselesaikan. Mengingat dua hari lagi, Skywalk Cihampelas bakal direaktivasi.

"Semoga pengelolaannya bisa ditingkatkan lagi, terus mungkin bisa lah ada renovasi biar ada tampilan baru, terlebihkan ciwalk udah bisa dikatakan objek wisata juga di Bandung," tandasnya.

Diketahui bahwa Skywalk Cihampelas atau Teras Cihampelas, dalam waktu dekat bakal mengalami reaktivasi. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, memastikan, hal tersebut bakal tercapai pada 22 Oktober 2022 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menyebut, pihaknya tengah menyorot sejumlah fasilitas yang dinilai masih kurang. Salah satunya kendala penyaluran air.

Sumber: