Memasuki Musim Hujan, BPBD Bandung Barat Mengimbau Masyarakat untuk Selalu Waspada

Memasuki Musim Hujan, BPBD Bandung Barat Mengimbau Masyarakat untuk Selalu Waspada

Petugas BPDB Bandung Barat Lakukan Evaluasi Tanah Longsor di Cikalongwetan.-(Foto: Ist.)-

Bandung Barat, RadarJabar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengimbau kepada seluruh masyarakatnya untuk waspada terhadap bencana alam yang rentan muncul pada musim penghujan seperti banjir dan tanah longsor.

Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo, menyebut bencana hidrometeorologi yang rentan terjadi pada musim penghujan yaitu tanah longsor, dan banjir.

"Jadi, kepada masyarakat Bandung Barat agar tetap waspada karena kondisi saat ini sudah memasuki musim hujan. Khususnya, (warga) di wilayah rentan longsor dan banjir untuk selalu hati-hati," kata Duddy, Minggu, 9 Oktober 2022.

Duddy juga mengatakan, bencana tanah longsor merupakan bencana alam yang diprediksi akan sangat rentan terjadi saat musim hujan.

Hal tersebut disebabkan karena curah air hujan yang tinggi serta dapat memicu pergerakan material tanah hingga mengakibatkan longsor.

“Kita mengimbau kepada masyarakat karena mungkin selama pekan ke depan ini, intensitas air hujan sedang mungkin tinggi, akan terjadi di wilayah Bandung Raya khususnya Bandung Barat di dalamnya, mengimbau pada masyarakat meningkat kewaspadaan untuk selalu hati-hati,” ungkapnya.

“Dan senantiasa berhati-hati manakala terjadi hujan, angin kencang, sewaktu-waktu bisa dengan petir yang berpotensi terjadinya longsor, pohon tumbang, banjir bandang,” lanjutnya.

Duddy berharap masyarakat Bandung Barat untuk selalu mengakses serta melihat perkembangan kondisi terkini cuaca melalui website BMKG.

“Karena ini setiap saat bisa dilakukan untuk melihat kondisi terkini cuaca perhari bahkan perminggu bahkan bisa dilihat dari setiap kecamatan, semisal hari ini, kecamatan mana, yang potensi hujannya selama 24 jam itu bisa dilihat,” tutupnya.*** (Mg1)

Sumber: Jabar Ekspres