Bacaan Dzikir dan Wirid Setelah Sholat Magrib, Lengkap dengan Teks Arab, latin  dan Artinya

Bacaan Dzikir dan Wirid Setelah Sholat Magrib, Lengkap dengan Teks Arab, latin  dan Artinya

ilustrasi bacaan dzikir dan wirid sesuadh sholat magrib.-pixabay-

Membaca Dzikir dan wirid sesungguhnya tidak selalu harus sesudah sholat magrib. Karena bacan dzikir dan wirid bisa dilakukan kapan saja, dan seusai sholat fardhu lainnya.

Namun, karena sehabis sholat magrib merupakan salah satu waktu yang mustajab dikabulkannya doa, maka membaca dzikir dan wirid sebelum memanjatkan doa menjadi sangat dianjurkan.

Kita dianjurkan membaca dzikir dan wirid sebelum berdoa, karena Allah sangat menyukai hambanya yang bisa bersyukur dengan cara membaca dzikir dan wirid tersebut.

Pasalnya, seluruh rangkaian bacaan dzikir atau wirid berisi pujian pada Allah SWT yang berarti sebagai ungkapan rasa syukur.

Selain itu, dzikir dan wirid juga berisi permohonan ampun kepada Allah, atas dosa dan kesalahan yang dilakukan hambanya.

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka" (QS Al Anfal: 2)

Berikut bacaan dzikir dan wirid setelah sholat wajib, dikutip dari e-book berjudul Doa dan Dzikir yang ditulis Syeikh Abdulaziz bin Baz, dilansir dari Surya.co.id.

1. Membaca istighfar di bawah ini sebanyak tiga kali:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ ×٣

Astaghfirullaahal ‘adziim alladzii laaailaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih.

“Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung , tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah , dzat yang maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluknya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

2. Memuji Allah dengan kalimat:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَام

"Allaahumma antas salaam waminkas salaam tabaarokta robbanaa yaa dzal jalaali wal ikroom."

Sumber: