Bikin Haru, Ibu Santri Gontor yang Meninggal Ungkap Cita-cita Mulia Sang Anak

Bikin Haru, Ibu Santri Gontor yang Meninggal Ungkap Cita-cita Mulia Sang Anak

Soimah, Ibunda Santri Gontor yang tewas dianiaya. --

Albar Mahdi, santri yang meninggal di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor (PMDG) pada Selasa (22/8) karena diduga dianiaya ternyata memiliki cita-cita mulia. Hal itu diceritakan sang Ibu Soimah saat mengenang anaknya.

Albar Mahdi mempunyai cita-cita ingin mengamalkan ilmunya dengan mengabdikan diri di Gontor seusai lulus dari pesantren nanti.

"Sebelum wafat, Aak, panggilan Albar Mahdi, bilang seusai lulus belum mau balik ke Palembang. Dia mau mengabdi di Gontor," ungkap Soimah di kediamannya di Jalan Mayor Zein, Lorong Sukarame, Kecamatan Kalidoni Palembang, beberapa hari lalu.

Anak pasangan Didi dan Soimah ini disebut memiliki keinginan tersebut, karena berharap bisa merubah sistem yang selama ini diterapkan dipondok tersebut.

"Kemarin waktu Aak berceloteh ingin memperbaiki sistem di Pondok, saya belum paham. Sistem yang seperti apa yang dia maksud," ucap Soimah.

Saat ini, dia menyadari anaknya ingin memperbaiki sistem agar tidak terjadi kekerasan di lembaga pendidikan serta pengalihan pengasuhan dan pengawasan kepada senior.

"Aak ingin di lembaga pendidikan tidak terjadi kekerasan. Dia juga ingin memperbaiki pengalihan pengasuhan dan pengawasan kepada senior," tuturnya.

Soimah dan Didi tidak pernah menyangka putranya itu akan mengembuskan napas terakhir secara tragis di pondok tempat dia menimba ilmu.

Pihak keluarga juga menyesalkan sikap Ponpes Gontor yang diduga menutupi peristiwa sebenarnya.

"Awalnya, Aak dikatakan meninggal karena sakit. Ketika kami memaksa untuk membuka jenazah, terdapat luka lebam-lebam di dada Aak. Jadi, pihak ponpes terkesan menutup-nutupi," ucapnya.

Soimah lalu mengadukan peristiwa tersebut kepada pengacara kondang Hotman Paris Hutapea yang kebetulan sedang berkunjung ke Kota Palembang pada Minggu (28/8).
"Seusai ada pengaduan tersebut, barulah pihak pondok mengklarifikasi dan mengatakan bahwa Aak meninggal akibat dianiaya," ungkapnya.

Terkait kunjungan pimpinan Ponpes Gontor beserta rombongan yang datang berziarah dan berkunjung ke kediamannya pada Jumat (9/9) lalu, Soimah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak ponpes yang berziarah ke makam anak saya, Albar Mahdi, dan bertakziah bersama saya dan keluarga besar," ucapnya.

Soimah mengetahui pihak ponpes beserta rombongan datang untuk menghibur dan mengucapkan belasungkawa.

Sumber: