Porprov Jabar 2026, Dedie: Kota Bogor Siap Jadi Tuan Rumah

Porprov Jabar 2026, Dedie: Kota Bogor Siap Jadi Tuan Rumah

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rahman saat mengaku siap menjadi tuan rumah untuk Porprov Jabar 2026. --

BOGOR - Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor siap untuk menyambut ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Porprov Jabar) ke-15.  Dedie bahkan optimis, jika Kota Hujan akan ditunjuk menjadi tuan rumah pada event yang dijadwalkan digelar pada tahun 2026 mendatang.

Dedie mengaku, sempat memaparkan hal itu ketika mengikuti rapat kerja (Raker) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jabar Tahun 2022,  di Hotel Preanger, Kota Bandung pada Rabu, 7 September 2022.

Dia menyebut, beberapa kota termasuk Kota Bogor, akan menjadi calon tuan rumah dalam helatan olahraga tersebut.

Untuk itu saat raker kemarin, sambung dia, pada masing-masing kota diminta untuk memaparkan kesiapannya menjadi tuan rumah.

Sebagai acuannya, kata Dedie, saat ini Pemkot Bogor telah melakukan segala persiapan untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan event tersebut.

"Sehingga dapat menunjang seluruh rangkaian kegiatan pada Porprov 2026. Yang pertama tentu kami sudah memiliki banyak fasilitas olahraga yang cukup memenuhi standar," ungkap Dedie dikutip Kamis, 8 September 2022.

Dia menjabarkan, Kota Bogor tengah proses pembangunan enam stadion mini yang berada pada masing-masing kecamatan.

"Tahun ini, akan ada tiga diantaranya yang siap untuk menunjang Porprov," sebutnya.

Diluar itu, Kota Bogor memiliki fasilitas pendukung lainnya. Seperti 21 rumah sakit yang memungkinkan bertambah, kampung atlet, hingga revitalisasi kawasan GOR Pajajaran yang nantinya bisa berkapasitas 20.000 penonton dan berstandar internasional.

"Untuk GOR Pajajaran Inpresnya sudah selesai dan mudah-mudahan tahun ini ditandatangani Presiden. Dan bisa mulai dikerjakan tahun 2023 mendatang sehingga di 2025 atau awal 2025 bisa rampung," paparnya.

"Kita juga memiliki 15 hotel bintang satu dan dua, 24 hotel bintang tiga, 4 hotel bintang empat, dengan daya tampung 10 sampai 15 ribu dan kisaran harga yang worth it (terjangkau). Kita juga bekerja sama dengan PHRI," imbuhnya.

Sedangkan untuk pendanaannya, sambung Dedie, Pemkot Bogor juga berkomitmen untuk menyiapkan anggaran bantuan untuk terselenggaranya Porprov 2026 senilai Rp50 miliar. "Termasuk implementasi teknis yang juga ikut dilakukan," tandasnya.*(YUD)

Sumber: