Permudah Urus Dokumen Kependudukan, Disdukcapil Kota Bogor Bersinergi dengan Relawan FMP

Permudah Urus Dokumen Kependudukan, Disdukcapil Kota Bogor Bersinergi dengan Relawan FMP

Jajaran Disdukcapil Kota Bogor bersama Relawan FMP bersinergi mempermudah pelayanan pengurus dokumen kependudukan. -(Foto: Yudha Prananda / Jabar Ekspres)-

BOGOR - Maraknya opini di tengah masyarakat terkait pengurusan dokumen kependudukan, jadi sorotan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor.  Karenanya Disdukcapil lakukan  terobosan guna atasi hal tersebut., salah satunya dengan bersinergi dengan relawan Forum Merah Putih (FMP).

Ternyata, permasalahan  itu juga menjadi perhatian pihak relawan Festival Merah Putih (FMP).  Yang akhirnya FMP bersedia  untuk melibatkan diri bersinergi bersama Disdukcapil dengan melakukan kerja sama untuk mendorong dan mempermudah akses pelayanan dokumen kependudukan.

Sekretaris Disdukcapil Kota Bogor Casmita menuturkan, kerja sama ini dalam rangka pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat yang akan difasilitasi relawan FMP. Kerja sama tersebut diharapkan sampai dengan penerbitan dokumen kependudukan oleh Disdukcapil.

"Untuk teknisnya akan dibahas lebih lanjut oleh FMP. Dari informasinya akan membentuk relawan (FMP). Nanti kami akan memfasilitasi untuk penerbitan dokumen kependudukan dengan tentunya selama persyaratan terpenuhi," kata Casmita usai penandatanganan perjanjian kerja sama berlangsung di area Vihara Dhanagun, Jumat, 19 Agustus 2022.

Dia menyatakan pihaknya menyambut baik kerja sama dengan relawan FMP. Hal ini menjadi bagian dalam upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam kepengurusan dokumen kependudukan.

"Intinya kami siap, karena tugas kami untuk memberikan dokumen kependudukan kepada masyarakat, ini juga dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan, bisa langsung ke Disdukcapil atau melalui PKS (perjanjian kerja sama) seperti ini," tegasnya.

Dewan Pengarah FMP Mahendra mengatakan, pihaknya dalam rangkaian FMP tahun ini ingin memberikan sesuatu yang berdeda dengan nilai tersendiri untuk masyarakat Kota Bogor tentang dokumen kependudukan terutama untuk masyarakat marjinal.

"Terkadang kelompok ini abai untuk mengurus dokumen kependudukan, bisa karena memang tidak tahu atau karena memang abai tadi. Karena beredar banyak di masyarakat kalau mengurus kependudukan seperti KTP itu susah ribet. Sebenarnya itu kalau segala dokumen lengkap pasti lancar," bebernya.

Oleh karen itu, sambung dia, pihaknya akan mensosialisasikan bahwa untuk memperoleh dokumen kependudukan itu gampang dan tidak ada biaya sama sekali.

Relawan FMP juga, kata dia, akan menampung atau menjaring masyarakat yang memang membutuhkan pelayanan dokumen kependudukan.

"Kita ada 11 relawan FMP akan turun ke daerah sekitar Vihara Dhanagun ini mensosialisasikan siapa yang belum lengkap data administrasi kependudukan untuk segera melengkapi. Karena ini ada kesempatan yang baik, kita bantu masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan," ujarnya.

Mahendra menjelaskan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan mulai 22 sampai dengan 31 Agustus 2022. Masyarakat nanti bisa datang langsung ke Vihara Dhanagun dari mulai pukul 10.00 hingga 15.00 WIB.

Adapun bentuk pelayanan yang akan diperbantukan diantaranya, pembuatan KTP, akta perkawinan, akta kelahiran, akta kematian, surat pindah dan lain sebagainya. Semuanya akan diproses hingga penerbitan dokumen.

"Jadi kita sosialisasi, lalu mengumpulkan berkas, kita screning awal, jika perlengkapan sudah lengkap akan kita bawa ke Disdukcapil," jelasnya.

Sumber: