Waktu Mustajab Baca Doa, Berikut Doa Istimewa yang sebaiknya Dibaca Hari Jumat

Waktu Mustajab Baca Doa, Berikut Doa Istimewa yang sebaiknya Dibaca Hari Jumat

ilutrasi membaca doa di hari jumat.-pixabay-

Membaca doa merupakan salah satu bagian terpenting dalam hidup manusia. Dengan Berdoa, maka satu langkah menuju sukses sudah terlewati. Karena baca doa menjadi pembuktian bahwa manusia memiliki tujuan hidup dan sandaran hidup kepada penciptanya.

Berdoa berarti bahwa kita telah mengetahui hanya Allah Ta’ala yang dapat mengabulkan hal-hal yang kita inginkan. Doa juga dapat diartikan sebagai permohonan serta pujian dalam bentuk ucapan dari seorang hamba yang rendah kedudukannya dibandingkan-Nya Yang Mahakuasa.

Selain, sebagai bentuk permohonan, dengan doa kita dapat memperbaiki dan mendekatkan diri kepada-Nya. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika setiap hari kita senantiasa memanjatkan doa kepada Allah Ta’ala.

Sementara itu, ada hari-hari di mana doa akan terasa lebih spesial. Salah satunya yaitu pada hari Jumat. Keistimewaan hari yang juga dikenal dengan sebutan sayyidul ayyam ini adalah adanya waktu yang mustajab berdoa bagi kaum Muslim.

Dalam Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, memang tidak ada doa yang khusus untuk dibaca pada hari Jumat. Namun, berikut ini adalah pilihan doa yang dapat dipanjatkan pada hari Jumat, sebagaimana dilansir dari laman muslimahdaily.

1. Doa agar diberi perlindungan

اللهم عليك توكلت فارزقني واكفني، وبك لذت فنجني مما يؤذيني، أنت حسبي ونعم الوكيل، اللهم رضني بقضائك، وقنعني بعطائك، واجعلني من أوليائك

Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludztu fa najjini mimma yu’dzini anta hasby wa ni’mal wakil, Allahumma raddhini bi qadhaika, wa qanni’ni bi athaika, waj ‘alni min awliyaika.

Artinya:

"Ya Allah Ta'ala, aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku. Dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu."

2. Doa keberkahan hari Jumat untuk sesama

أدام الله لكم بركة الجمعة دهوراً، وألبسكم من تقواه نوراً، جمعة مباركة

Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah.

Artinya:

Sumber: