Akan Berlaga Di AFF Cup Pada Minggu 31 Juli, Timnas U 16 Diklaim Alami Peningkatan

Akan Berlaga Di AFF Cup Pada Minggu 31 Juli, Timnas U 16 Diklaim Alami Peningkatan

Bima Sakti (kiri) memberikan pengarahan di sela sesi latihan timnas U-16. (PSSI)--

Menjelang bergulirnya timnas, skuad Garuda Asia –julukan Indonesia U-16– mengalami peningkatan signifikan.

Pelatih timnas U-16 Bima Sakti Tukiman mengungkapkan, setelah dua pekan menjalani pemusatan latihan di Jogjakarta, para pemain sudah mengerti dengan skema permainan yang diterapkannya.

”Cara bermain tim sudah banyak berubah. Taktik, teknik, dan kedisiplinannya sudah meningkat. Kerangka tim juga sudah terbentuk,” ucap mantan pemain Persiba Balikpapan tersebut.

Selama dua pekan menjalani pemusatan latihan di Kota Pelajar, Garuda Asia sudah melakoni dua pertandingan uji coba. Hasilnya, timnas U-16 kalah 0-2 oleh tim Porprov Jogjakarta U-20. Lalu, Garuda Asia menang telak 5-1 atas tim Porda Sleman U-18.

 

”Dalam dua laga uji coba itu, kami memang memilih lawan yang usianya satu sampai dua tahun di atas anak-anak. Pertandingan pertama kami memang kalah. Tapi, saya senang anak-anak bisa bangkit dan memenangkan uji coba kedua dengan skor bagus,” ungkap Bima.

Meski demikian, Bima menilai masih perlu diperbaiki.

”Ada beberapa kelemahan yang akan kami perbaiki di sisa persiapan minggu ini. Kami akan meningkatkan  pertahanan,  penyerangan,  serta transisi positif dan negatif. Selain itu,  set piece attack  akan diperbaiki agar bisa lebih baik,” jelasnya.

 

Bima berharap persiapan yang dibangun membawa dampak positif dalam perhelatan Piala AFF U-16. Apalagi Indonesia berstatus tuan rumah. Mantan penggawa Persegres Gresik United itu tidak mau kehilangan momentum.

”Sebagai tuan rumah, saya ingin bermain dengan menekan dan lebih ke depan. Kami harus memaksimalkan setiap laga. Sebab, semua pertandingan penting. Saya kepada pemain untuk bisa memenangkan pertandingan demi pertandingan,” tegasnya.

Inilah Jadwal Garuda Asia di AFF Cup U-16

 

Minggu, 31 Juli 2022
20.00 WIB: Indonesia vs Filipina (Stadion Maguwoharjo)
Rabu, 3 Agustus 2022
20.00 WIB: Singapura vs Indonesia (Stadion Maguwoharjo)
Sabtu, 6 Agustus 2022
20.00 WIB: Indonesia vs Vietnam (Stadion Maguwoharjo)

Sumber: