Tokoh Sunda Nilai Ridwan Kamil Layak Maju Jadi Capres

Tokoh Sunda Nilai Ridwan Kamil Layak Maju Jadi Capres

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyatakan dukungannya kepada Ridwan Kamil yang dinilainya layak maju jadi Capres 2024. (ist)--

BANDUNG - Gelombang dukungan untuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil maju dalam pencalonan Presiden di Pemilu 2024 semakin meluas. Kali ini datang dari beberapa tokoh masyarakat Sunda. Mereka menilai Ridwan Kamil sudah sangat layak untuk mencalonkan diri jadi Presiden RI selanjutnya.

Salah satu tokoh masyarakat Sunda yang terang-terangan mendukung Ridwan Kamil atau Kang Emil adalah Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Uu menyebut kebanggaannya terhadap Ridwan kamil yang asli Sunda.

"Nah, orang Sunda yang sekarang berani mencalonkan diri bahkan kemarin sempat deklarasi siap jadi capres hanya Kang Emil (Ridwan Kamil)," ujar Uu, seperti dilansir dari detik,jabar saat berada di Kabupaten Bandung Barat, Minggu (19/6).

Bukan hanya menunjukkkan dukungannya, Uu juga meminta kepada masyarakat Jawa Barat untuk mendukung dan mendoakan Ridwan Kamil. Dia berharap semakin besar dukungan dari masyarakat, maka akan memberikan kekuatan kepada Kang Emil untuk maju menjadi Calon Presiden 2024.

"Kalau mendukung di saat pencalonan saja kurang afdal, tapi kalau mendukung penuh dari sekarang ada waktu untuk dibantu sosialisasi, dibantu untuk pencitraan yang baik karena memang dia citranya memang sudah seperti itu (baik), dan didorong dengan hal yang lain," ucap Uu yang sering disebut sebagai Panglima Santri tersebut..

"Saya yakin inohong (para tokoh) Sunda mendukung Kang Emil. Kalau bukan beliau, siapa lagi. Karena Kang Emil yang siap maju dan sudah komitmen, jadi kudu aya presiden ti urang Sunda (harus ada presiden dari orang Sunda)," tambah Uu meyakinkan masyarakat.

Selain Uu, dukungan terhadap Kang Emil untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024 juga datang dari Tokoh Sunda lain. Yakni Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau yang akrab dipanggil Iwan Bule.

Menurut Iwan, ketokohan Ridwan Kamil sudah tidak diragukan lagi. Bagi Iwan, Kang Emil adalah tokoh berdarah Sunda yang mumpuni dan memiliki kapabilitas memimpin Indonesia.

"Khusus untuk 2024, kita tahu ada salah satu tokoh yang mumpuni untuk maju ke nasional. Dia (Ridwan Kamil) elektabilitas sudah ada, pekerjaan bagus, penampilan bagus, dan semuanya bagus," tutur Iwan Bule.

Iwan menyatakan dukungannya secara tegas, dia bahkan mengaku mendoakan Ridwan Kamil agar menjadi Presiden RI pertama dari etnis Sunda.

"Kita semua doakan. Saya siap dukung beliau (Ridwan Kamil) karena saya rakyatnya juga," pungkas Iwan Bule. (*)

Sumber: