Greenpeace Indonesia Menuntut Pemerintah dan Industri untuk Serius Menangani Krisis Iklim

Greenpeace Indonesia Menuntut Pemerintah dan Industri untuk Serius Menangani Krisis Iklim

Kebakaran hutan menjadi salah satu penyebab krisis iklim. Ia berupa peningkatan CO2 sehingga menekan atmosfer dan membahayakan tubuh manusia.-(Foto: Wikimedia Commons-

radarjabar.disway.id — Krisis iklim (baru-baru ini disebut bencana iklim) merupakan permasalahan utama dunia sekarang. Greenpeace Indonesia mendesak pemerintah dan industri untuk menangani masalah ini dengan serius.

Krisis iklim sedang terjadi. Ia mempunyai dampak berbahaya bagi seluruh manusia di muka bumi. Oleh karena itu, krisis iklim menjadi salah satu perhatian utama Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sebagai salah satu organisasi yang berfokus memerangi krisis iklim, Greenpeace Indonesia memberikan kabar terkait krisis iklim di tahun sekarang.

Greenpeace Indonesia menuntut agar pemerintah dan industri memperhatikan dampak krisis iklim yang sudah, sedang, dan akan terjadi.

“Pemerintah dan industri harus lebih serius beraksi dan berubah untuk menangani ancaman Krisis Iklim! Karena berbagai dampak krisis iklim sudah hadir di depan mata kita dan di berbagai tempat di dunia lainnya,” tulis Greenpeace Indonesia dalam akun Instagram miliknya, Selasa (14/6/2022).

Greenpeace Indonesia lantas menyebut bahwa peristiwa banjir rob di Semarang kemarin merupakan salah contoh dari dampak krisis iklim yang terjadi Indonesia.

“Banjir rob yang disebabkan naiknya permukaan laut melanda Semarang. Hal ini merupakan alarm bahaya bahwa krisis iklim telah di depan mata,” ungkap Greenpeace Indonesia lebih lanjut.

Peristiwa tersebut menjadi bukti bahwa ternyata dampak krisis iklim tidak hanya akan terjadi di masa depan, namun juga sudah terjadi, sebab dampaknya sudah kita lihat dan rasakan.

“Ini masalah serius, bukan lagi untuk masa depan, tapi sekarang, saat ini.” Greenpeace Indonesia menyerukan.

Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) beberapa bulan lalu telah menerbitkan laporan yang memuat beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengentaskan masalah global tersebut.

Kami telah merangkum laporan IPCC perihal apa saja yang harus segera dilakukan untuk memerangi krisis iklim:

  • SEBELUM TAHUN 2030, SEPARUH EMISI HARUS SEGERA DIKURANGI

Percaya atau tidak, suka atau tidak, namun faktanya, masa depan umat manusia berada dalam fase kritis dan berbahaya hingga beberapa dekade ke depan.

Dalam Paris Agreement (baca: Perjanjian Paris), kita harus membatasi pemanasan global hingga 1,5°C dan emisi gas rumah kaca dunia harus berkurang paling lambat pada tahun 2025.

Dengan kata lain, kita perlu memangkas emisi ini dimulai dari sekarang sebesar 43% sebelum tahun 2030 nanti.

  • PEMERINTAH HARUS SEGERA BERHENTI MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR FOSIL

Laporan IPCC dengan sangat tegas menyatakan bahwa kita mesti berhenti menggunakan bahan bakar fosil dengan maksud untuk mencapai target pengurangan emisi yang telah dicanangkan.

 

Laporan IPCC itu juga mengatakan bahwa penggunaan energi wajib efisien dan mencari bahan bakar alternatif lain selain fosil.

  • SEMUA LINI INDUSTRI, LEMBAGA PEMERINTAH & SWASTA, MAUPUN INDIVIDU DI SELURUH DUNIA MESTI BERGERAK

Bunyi tersebut merupakan peringatan yang selalu terus-menerus ditekankan oleh IPCC. Dengan kata lain, IPCC selalu menegaskan bahwa semua elemen negara perlu mengambil tindakan progresif, radikal, dan substansial untuk memerangi krisis iklim ini.

 

Lembaga pemerintah, swasta, industri, sektor finansial, pertanian, ekonomi-politik-sosial, wajib menerapkan prinsip eco-friendly di dalam proses administrasi, program, maupun operasinya.

Kita perlu mengetahui bahwa makalah terbaru IPCC itu menyebutkan bahwa prinsip eco-friendly dan lingkungan hijau memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan kita.

Sebut saja penataan kota menggunakan prinsip tersebut. Sejalan dengan laporan dari IPCC, maka kota tersebut menjadi tempat yang layak huni memberikan kontribusi bagi pengurangan emisi, pun juga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

  • SEMUA SOLUSI INI TIDAK MEMAKAN BIAYA DAN HARGA YANG MAHAL

Laporan IPCC terbaru menguatkan suatu gagasan yang dikemukakan oleh para ahli ekonomi pada tahun kemarin.

 

Para ahli tersebut mengatakan bahwa kelambanan mengatasi krisis iklim ini akan memakan biaya yang sangat mahal daripada beralih pada strategi yang ramah lingkungan atau transisi lingkungan bersih 0% guna mengatasi perubahan iklim.

  • KITA BELUM TERLAMBAT

Poin penting dari laporan IPCC itu adalah desakan bagi semua pihak untuk segera mengambil tindakan.

Kendati demikian, kita belum terlambat untuk meredam bencana yang akan menimpa kita akibat krisis iklim tersebut. Laporan IPCC terbaru itu menyatakan bahwa upaya membatasi pemanasan global hingga 1,5°C bukalah hal yang mustahil.

Syaratnya, kita harus mendorong, atau bahkan memaksa, semua pemimpin dari seluruh negara untuk mengamini laporan IPCC itu dan kemudian mengambil tindakan nyata.

 

Syarat kedua, semua orang mesti terlibat aktif pula dan menjalin kolaborasi dalam upaya penanganan krisis iklim ini. Dengan begitu, kita belum terlambat untuk mengatasi hal terburuk yang akan menimpa akibat krisis iklim.

Sumber: