Layanan telekomunikasi berangsur pulih, upaya pemulihan terus dilakukan pada titik-titik yang terdampak banjir serta wilayah yang masih kesulitan diakses.
RADAR JABAR, Kuala Simpang, 24 Desember 2025 – Sebagai bentuk komitmen PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk pada wilayah terdampak bencana, Direktur Strategic Business Development & Portfolio Telkom Seno Soemadji meninjau langsung kondisi infrastruktur jaringan komunikasi di wilayah terdampak bencana Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang pada Selasa (23/12). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Telkom untuk memastikan pemulihan layanan telekomunikasi berjalan optimal. Selain itu, pada kegiatan ini Telkom turut menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat terdampak. Salah satu fokus utama pada kunjungan kerja kali ini adalah untuk meninjau kondisi infrastruktur telekomunikasi, seperti Sentral Telepon Otomat (STO) Tanjung Pura dan Kuala Simpang serta infrastruktur jaringan lainnya yang terdampak pasca bencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu. Kunjungan ini juga sekaligus memastikan bahwa proses pemulihan layanan berjalan sesuai prioritas. “Fokus utama kami adalah memastikan konektivitas tetap terjaga agar komunikasi antar masyarakat tidak terputus di tengah situasi bencana. Sejak hari pertama, TelkomGroup bersama TelkomProperty dan tim regional melakukan pemulihan aset dan jaringan di lapangan. Sebagai bagian dari BUMN, TelkomGroup akan selalu hadir melalui percepatan pemulihan layanan telekomunikasi dan pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak,” ujar Direktur Strategic Business Development & Portfolio Telkom Seno Soemadji saat kunjungannya ke Desa Menanggini, Kuala Simpang sebagai bagian dari rangkaian tinjauan lapangan dan pemberian bantuan. Direktur Strategic Business Development & Portfolio Telkom Seno Soemadji saat kunjungannya turut menyampaikan bahwa hingga saat ini sebagian besar layanan telekomunikasi Telkom di Aceh Tamiang telah berangsur pulih. Upaya pemulihan sedang dilakukan secara bertahap dan difokuskan pada titik-titik yang terdampak banjir serta wilayah yang masih mengalami gangguan listrik. Dalam proses ini, TelkomProperty sebagai pengelola dan pemelihara aset TelkomGroup berperan aktif di lapangan, mendukung percepatan pemulihan infrastruktur yang terdampak bencana. STO masih menjadi prioritas utama karena memiliki peran yang vital dalam menopang layanan komunikasi baik untuk pemerintah maupun masyarakat. Proses pemulihan dilakukan secara bertahap oleh tim teknisi Telkom yang tanpa lelah memberikan kontribusinya selama 24/7 guna memastikan kebutuhan konektivitas tetap dapat dinikmati oleh masyarakat terdampak bencana. Namun demikian, kecepatan pemulihan layanan juga dipengaruhi oleh kondisi lapangan, cuaca dan pasokan listrik. BACA JUGA:Telkom Perkuat Peran Kepemimpinan Perempuan di Era Transformasi Digital “Saya ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh tim teknis kami yang sejak hari pertama bergerak cepat melakukan pemulihan di lokasi bencana. Di tengah akses yang terputus, mereka berjalan kaki menembus banjir dan lumpur, membawa genset dan baterai satu per satu, demi memastikan layanan tetap pulih. Mereka adalah pejuang telekomunikasi di lapangan, yang bekerja dengan dedikasi luar biasa untuk menjaga konektivitas masyarakat,” tambah Seno. Lebih lanjut, meskipun proses pemulihan layanan pascabencana banjir di Sumatera kerap menghadapi beberapa tantangan yang meliputi akses menuju lokasi yang sempat terisolasi, kerusakan perangkat akibat banjir dan lumpur, serta gangguan listrik yang masih terjadi, hal tersebut tidak menghalangi Telkom sebagai digital telco terdepan dalam memberikan kontribusi yang terbaik bagi masyarakat. Dalam mengatasi berbagai hambatan tersebut, Telkom senantiasa mempersiapkan berbagai solusi darurat, seperti penggunaan genset dan dukungan konektivitas berbasis satelit. Selain pemulihan konektivitas, TelkomGroup juga menyalurkan bantuan kemanusiaan melalui berbagai inisiatif. Bersama TelkoMedika dan AdMedika, TelkomGroup menyediakan posko layanan kesehatan, ambulans, dan obat-obatan. Dukungan kebutuhan dasar seperti air bersih, sanitasi, genset, pompa air, dan sumur bor juga disalurkan untuk membantu aktivitas masyarakat terdampak. Penanganan ini tidak hanya dilakukan di Aceh, tetapi juga mencakup wilayah Sumatra Utara dan Sumatra Barat. Sebagai perusahaan yang menyediakan layanan telekomunikasi, upaya pemulihan jaringan yang dilakukan Telkom merupakan langkah paling relevan dalam memastikan kebutuhan komunikasi tetap terpenuhi di tengah situasi bencana. Melalui pemulihan ini, Telkom kembali menegaskan perannya dalam menyediakan layanan komunikasi yang andal sebagai kebutuhan vital masyarakat saat kondisi darurat. Di saat yang sama, Telkom juga menghadirkan dukungan kemanusiaan melalui penyediaan layanan kesehatan, bantuan kebutuhan dasar, serta kehadiran langsung di lapangan sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas kepada masyarakat terdampak.TelkomGroup Kejar Pemulihan Layanan Pascabencana di Aceh
Rabu 24-12-2025,12:44 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani
Kategori :
Terkait
Kamis 25-12-2025,20:20 WIB
Polres Bogor Sebut Sekitar 60 sampai 70 Ribu Kendaraan Masuk Puncak, Dominasi Roda Dua
Kamis 25-12-2025,16:10 WIB
Komdigi Apresiasi Gerak Cepat TelkomGroup Pulihkan Jaringan dan Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Aceh Tamiang
Rabu 24-12-2025,12:44 WIB
TelkomGroup Kejar Pemulihan Layanan Pascabencana di Aceh
Selasa 23-12-2025,10:53 WIB
Indibiz Ajak UKM Ikut Program Pahlawan Digital Masa Kini
Senin 22-12-2025,17:09 WIB
Tumbuhkan Potensi Ekonomi Digital bagi UMKM Disabilitas, Telkom Siapkan Program RiseAble
Terpopuler
Kamis 25-12-2025,20:15 WIB
Video Viral! Seorang Pria Kejar Karyawan Bakso Sambil Acungkan Golok di Ciparay Bandung
Kamis 25-12-2025,17:02 WIB
Pentahelix Dayeuhkolot dan BBWS Lakukan Monitoring Bantaran Sungai Citarum
Kamis 25-12-2025,15:30 WIB
Warga Pangalengan Menanti Kejelasan Tindakan Pihak Kepolisian
Kamis 25-12-2025,11:32 WIB
PUPR Kabupaten Bogor akan Pasang Box Cover Hari Ini di Jalan Alternatif Puncak yang Terputus
Kamis 25-12-2025,14:05 WIB
Polres Bogor Ungkap 38 Ribu Kendaraan Masuk-Keluar Kawasan Puncak Sampai Siang Ini
Terkini
Jumat 26-12-2025,11:00 WIB
Anak Hilang Nyawa di Klapanunggal, Sang Ibu Tergeletak Lemas
Jumat 26-12-2025,09:47 WIB
Polres Bogor Prediksi Puncak Arus Terjadi Hari Ini, One Way Dilakukan Lebih Awal
Kamis 25-12-2025,20:20 WIB
Polres Bogor Sebut Sekitar 60 sampai 70 Ribu Kendaraan Masuk Puncak, Dominasi Roda Dua
Kamis 25-12-2025,20:15 WIB
Video Viral! Seorang Pria Kejar Karyawan Bakso Sambil Acungkan Golok di Ciparay Bandung
Kamis 25-12-2025,19:14 WIB