Home Credit Perkuat Literasi Keuangan Mahasiswa Unpar, Dorong Generasi Muda Melek Pembiayaan

Jumat 28-11-2025,14:36 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR — Upaya meningkatkan literasi keuangan di kalangan generasi muda kembali digaungkan PT Home Credit Indonesia (Home Credit) melalui penyelenggaraan seminar edukatif di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Bandung, pada Selasa, 25 November 2025.

 

Mengusung tema “#DoITCERDAS: Belajar Strategi Keuangan Untuk Wujudkan Cheetah Cheetah (cita-cita)”, kegiatan ini menjadi momentum perusahaan pembiayaan berbasis teknologi tersebut untuk memperkuat pemahaman mahasiswa mengenai pengelolaan finansial yang sehat dan bertanggung jawab.

 

Langkah ini menjadi bagian dari komitmen panjang Home Credit dalam membangun fondasi literasi keuangan yang kuat bagi generasi muda Indonesia. Di tengah perkembangan teknologi finansial dan kemudahan akses layanan digital, kemampuan memahami pembiayaan secara bijak dan terukur menjadi kebutuhan yang semakin krusial.

 

Seminar ini juga menjadi bentuk kolaborasi strategis antara Home Credit dan One Financial Group, terdiri dari MUFG Bank Ltd. Jakarta Branch, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance), serta PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (Zurich). Para pembicara dari lima institusi keuangan tersebut menghadirkan beragam perspektif dan wawasan praktis yang relevan dengan kebutuhan mahasiswa saat ini.

 

Skor Kredit Sehat, Bekal Penting Masa Depan

 

Head of Collection Operations Home Credit, Andri Maulana, menyampaikan bahwa pemahaman mengenai skor kredit harus ditanamkan sejak mahasiswa mulai mengenal layanan keuangan. Menurutnya, skor kredit bukan hanya catatan finansial, melainkan modal penting yang dapat membuka peluang kehidupan ke depan.

 

“Home Credit berkomitmen untuk mengedukasi generasi muda agar memahami penerapan pembiayaan yang bertanggungjawab di masa depan, yang salah satunya dapat tercermin dari skor kredit. Skor kredit yang baik dapat menciptakan berbagai kesempatan dalam hidup, seperti kesempatan kerja hingga akses pembiayaan,ˮ ujar Andri.

 

Pesan tersebut menjadi penting mengingat banyak anak muda yang kini mulai terpapar produk finansial seperti paylater, kartu kredit, hingga cicilan digital. Tanpa pemahaman yang tepat, risiko salah kelola bisa berdampak panjang.

 

Danamon: Menabung adalah Gaya Hidup

 

Dalam sesi berikutnya, Danamon mengajak mahasiswa untuk membangun disiplin finansial melalui kebiasaan menabung. Abdul Hadi, Sustainability Finance Head Danamon, menyoroti bagaimana menabung bukan lagi sekadar kewajiban, tetapi bagian dari gaya hidup yang melibatkan perencanaan dan kontrol pengeluaran.

 

“Menabung sejatinya merupakan bentuk gaya hidup karena merupakan kebiasaan yang melibatkan disiplin, perencanaan, dan kontrol pengeluaran untuk mencapai tujuan finansial jangka panjang. Menabung bukan hanya membentuk kebiasaan finansial yang sehat, tetapi juga menciptakan rasa aman terutama saat menghadapi kondisi darurat. Kami berharap tips pengelolaan keuangan yang kami bagikan hari ini dapat menjadi langkah awal mahasiswa untuk mencapai kemandirian finansial,ˮ jelas Hadi.

 

Adira Finance Dorong Jiwa Wirausaha Generasi Muda

 

Menyambut HUT ke-35, Adira Finance membawa semangat “Langkah Baru Bersama Sahabat” dalam sesi edukasinya.

 

Handi, Head of Regional SSD Jawa Barat Adira Finance, menekankan pentingnya peran kewirausahaan sebagai salah satu jalan mencapai masa depan yang lebih baik.

 

“Bertepatan dengan HUT ke-35 Adira Finance di bulan November dengan tema ‘Langkah Baru Bersama Sahabat,’ kami ingin hadir mendampingi langkah awal mahasiswa dalam meraih impian mereka. Melalui sesi edukasi ini, kami menegaskan bahwa masa depan dapat dimulai dari banyak cara, dan salah satunya kewirausahaan. Kami percaya generasi muda memiliki potensi besar untuk menciptakan solusi yang bernilai dan berkelanjutan. Karena itu, Adira Finance siap menjadi sahabat yang mendorong mereka mengambil langkah pertama dengan keyakinan,ˮ ujarnya.

 

Zurich: Asuransi, Pilar Keamanan Finansial

 

Dalam kesempatan tersebut, Zurich Indonesia mengajak mahasiswa memahami fungsi asuransi sebagai proteksi dari berbagai risiko tak terduga.

 

Defina Tobing, Head of Brand & Marketing Communications PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, menekankan bahwa perlindungan finansial bukan lagi pilihan tambahan, tetapi kebutuhan dasar.

 

“Generasi muda adalah pengambil keputusan finansial masa depan. Oleh karena itu, memahami risiko dan memiliki perlindungan yang tepat bukan lagi pilihan, tetapi fondasi untuk mencapai stabilitas hidup. Melalui literasi keuangan seperti ini, Zurich berharap generasi muda dapat semakin percaya diri dalam membuat keputusan keuangan yang bertanggung jawab, untuk menciptakan masa depan finansial yang lebih tenang dan aman,ˮ ungkapnya.

 

Jangkau 17,1 Juta Orang, #DoITCERDAS Berlanjut

 

Seminar di Unpar ini merupakan kegiatan kedua dari rangkaian kolaborasi edukasi yang digelar Home Credit dan One Financial Group, setelah sebelumnya sukses diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Desember 2024. Tahun ini, program literasi keuangan #DoITCERDAS telah menjangkau lebih dari 17,1 juta orang melalui kegiatan daring dan luring.

 

Antusiasme ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas Unpar menunjukkan bahwa kesadaran akan pentingnya literasi finansial semakin tumbuh. Dengan dukungan lintas lembaga keuangan, seminar ini diharapkan mampu menjadi bekal nyata bagi generasi muda untuk menyusun masa depan yang lebih terencana, stabil, dan bertanggung jawab. 

Kategori :