RADAR JABAR, Jakarta, 15 November 2025 - Membangun interaksi yang aktif dengan pelanggan menjadi kunci sukses bagi setiap pelaku usaha. Melalui hubungan itu kebutuhan dapat dipahami, kepercayaan terbentuk, dan loyalitas tercipta.
Fondasi inilah yang mendorong lahirnya produk dan layanan yang lebih relevan dan berkelanjutan. Untuk mewujudkannya, pelaku usaha dapat memanfaatkan berbagai saluran dan metode, mulai dari layanan pelanggan konvensional hingga digital. Salah satu pendekatan yang semakin populer adalah penggunaan Omni Communication Assistant (OCA) yang dimiliki oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). OCA memungkinkan interaksi yang lebih personal dan responsif dengan pelanggan melalui berbagai kanal sekaligus. Terlebih, OCA telah menghadirkan OCA AI Assistant yang mampu berinteraksi dengan pelanggan secara realtime. OCA AI Assistant dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dengan jelas dan cepat, juga memberikan saran kepada pengguna dalam merespons pertanyaan yang lebih spesifik atau kompleks. BACA JUGA:Perkuat Komitmen Anti Penyuapan dan Keamanan Data, Telkom Akses Kantongi Dua Sertifikasi Internasional Pemanfaatan OCA AI Assistant mampu meningkatkan kecepatan layanan pelanggan yang berdampak positif terhadap pengalaman pelanggan. Hal ini karena pertanyaan-pertanyaan pelanggan dapat segera terjawab dengan sesuai tanpa menunggu respon manual yang dapat memakan waktu. OCA AI Assistant juga membantu menghadirkan layanan 24/7 dan tanpa terbatas lokasi. Selain bermanfaat bagi pelanggan, OCA AI Assistant juga mendukung kebutuhan internal pelaku usaha. OCA AI Assistant dapat membantu menyederhanakan proses kerja harian, mempercepat pembelajaran anggota tim baru, menjadi referensi dalam pengambilan keputusan, serta menjaga konsistensi informasi sehingga seluruh tim memiliki pemahaman yang sama. Dengan demikian, operasional bisnis dapat berjalan lebih efisien dan selaras di setiap unit. “Melalui Telkom Solution, kami terus menghadirkan inovasi digital yang relevan bagi pelaku usaha. OCA AI Assistant menjadi wujud nyata bagaimana teknologi dapat meningkatkan kualitas layanan pelanggan sekaligus mendorong efisiensi dan keberlanjutan bisnis,” ujar EGM Digital Product Telkom Indonesia Komang Budi Aryasa. Temukan lebih lanjut manfaat OCA dengan mengunjungi situs resmi www.ocaindonesia.co.id.OCA AI Assistant Optimalkan Interaksi Pelaku Usaha dengan Pelanggan
Sabtu 15-11-2025,12:15 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani
Kategori :
Terkait
Jumat 05-12-2025,22:39 WIB
Telkom Pastikan Akses Free WiFi di Posko Bencana Tersedia Gratis bagi Masyarakat
Kamis 04-12-2025,18:59 WIB
Telkom Resmikan neuCentrIX Jayapura, Data Center Pertama di Papua
Kamis 04-12-2025,05:55 WIB
Telkom Tegaskan Peran Strategis dalam Menghadirkan Kedaulatan Digital yang Berkelanjutan bagi Indonesia
Rabu 03-12-2025,15:49 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Tinjau Pelaksanaan Program Pemagangan Nasional di Telkom
Selasa 02-12-2025,20:35 WIB
TelkomGroup Bersama Pemerintah Percepat Pemulihan Layanan Pasca Bencana Sumatra
Terpopuler
Minggu 07-12-2025,08:43 WIB
Bantuan Pangan Jabar Digulirkan, 3.3 Juta KPM Terima Manfaat
Minggu 07-12-2025,13:29 WIB
Arbi Aditama dan Astra Honda Juara Asia ARRC AP250
Minggu 07-12-2025,17:14 WIB
ADV 160 Jelajah Misteri, Serunya Eksplorasi Bersama Para Bikers Honda
Minggu 07-12-2025,16:09 WIB
5 Oil Control Serum untuk Lawan Kulit Berjerawat In This Economy, Mulai Rp20 Ribuan
Minggu 07-12-2025,18:03 WIB
Kisah Sukinah, Lansia di Lereng Dieng yang Akhirnya Menikmati Terang Listrik
Terkini
Minggu 07-12-2025,21:53 WIB
Konfercab PDI-P KBB Tetapkan Tuti Turimayanti sebagai Ketua
Minggu 07-12-2025,18:03 WIB
Kisah Sukinah, Lansia di Lereng Dieng yang Akhirnya Menikmati Terang Listrik
Minggu 07-12-2025,17:14 WIB
ADV 160 Jelajah Misteri, Serunya Eksplorasi Bersama Para Bikers Honda
Minggu 07-12-2025,16:09 WIB
5 Oil Control Serum untuk Lawan Kulit Berjerawat In This Economy, Mulai Rp20 Ribuan
Minggu 07-12-2025,13:29 WIB