RADAR JABAR, Jakarta, 15 November 2025 - Membangun interaksi yang aktif dengan pelanggan menjadi kunci sukses bagi setiap pelaku usaha. Melalui hubungan itu kebutuhan dapat dipahami, kepercayaan terbentuk, dan loyalitas tercipta.
Fondasi inilah yang mendorong lahirnya produk dan layanan yang lebih relevan dan berkelanjutan. Untuk mewujudkannya, pelaku usaha dapat memanfaatkan berbagai saluran dan metode, mulai dari layanan pelanggan konvensional hingga digital. Salah satu pendekatan yang semakin populer adalah penggunaan Omni Communication Assistant (OCA) yang dimiliki oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). OCA memungkinkan interaksi yang lebih personal dan responsif dengan pelanggan melalui berbagai kanal sekaligus. Terlebih, OCA telah menghadirkan OCA AI Assistant yang mampu berinteraksi dengan pelanggan secara realtime. OCA AI Assistant dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dengan jelas dan cepat, juga memberikan saran kepada pengguna dalam merespons pertanyaan yang lebih spesifik atau kompleks. BACA JUGA:Perkuat Komitmen Anti Penyuapan dan Keamanan Data, Telkom Akses Kantongi Dua Sertifikasi Internasional Pemanfaatan OCA AI Assistant mampu meningkatkan kecepatan layanan pelanggan yang berdampak positif terhadap pengalaman pelanggan. Hal ini karena pertanyaan-pertanyaan pelanggan dapat segera terjawab dengan sesuai tanpa menunggu respon manual yang dapat memakan waktu. OCA AI Assistant juga membantu menghadirkan layanan 24/7 dan tanpa terbatas lokasi. Selain bermanfaat bagi pelanggan, OCA AI Assistant juga mendukung kebutuhan internal pelaku usaha. OCA AI Assistant dapat membantu menyederhanakan proses kerja harian, mempercepat pembelajaran anggota tim baru, menjadi referensi dalam pengambilan keputusan, serta menjaga konsistensi informasi sehingga seluruh tim memiliki pemahaman yang sama. Dengan demikian, operasional bisnis dapat berjalan lebih efisien dan selaras di setiap unit. “Melalui Telkom Solution, kami terus menghadirkan inovasi digital yang relevan bagi pelaku usaha. OCA AI Assistant menjadi wujud nyata bagaimana teknologi dapat meningkatkan kualitas layanan pelanggan sekaligus mendorong efisiensi dan keberlanjutan bisnis,” ujar EGM Digital Product Telkom Indonesia Komang Budi Aryasa. Temukan lebih lanjut manfaat OCA dengan mengunjungi situs resmi www.ocaindonesia.co.id.OCA AI Assistant Optimalkan Interaksi Pelaku Usaha dengan Pelanggan
Sabtu 15-11-2025,12:15 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani
Kategori :
Terkait
Sabtu 27-12-2025,18:35 WIB
TelkomProperty Turut Aktif Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Bencana Di Sumatera
Rabu 24-12-2025,12:44 WIB
TelkomGroup Kejar Pemulihan Layanan Pascabencana di Aceh
Selasa 23-12-2025,10:53 WIB
Indibiz Ajak UKM Ikut Program Pahlawan Digital Masa Kini
Senin 22-12-2025,17:09 WIB
Tumbuhkan Potensi Ekonomi Digital bagi UMKM Disabilitas, Telkom Siapkan Program RiseAble
Senin 22-12-2025,06:18 WIB
Bersama Danantara dan BUMN, TelkomGroup Kirim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan di Masa Pemulihan
Terpopuler
Sabtu 27-12-2025,14:06 WIB
Pelanggaran Berat! Liga Arab dan Dewan Teluk Tolak Pengakuan Israel atas Somaliland
Sabtu 27-12-2025,13:32 WIB
Kata Patrick Dorgu usai Golnya Menangkan MU vs Newcastle: Happy Tapi Kaget Bisa Gitu
Sabtu 27-12-2025,18:35 WIB
TelkomProperty Turut Aktif Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Bencana Di Sumatera
Minggu 28-12-2025,09:33 WIB
Dishub Bogor Lakukan Ini kepada Angkot yang Masih Operasi di Kawasan Wisata Puncak
Minggu 28-12-2025,07:00 WIB
B ERL Healthy Glaze Cushion: Makeup Praktis untuk Kulit Flawless Tanpa Terasa Berat
Terkini
Minggu 28-12-2025,12:30 WIB
Antisipasi Kepadatan Arus Balik, Satlantas Polres Bogor Lakukan One Way Arah Bawah
Minggu 28-12-2025,12:19 WIB
Saat Libur Nataru, Warga Puncak Pilih Open House untuk Nongkrong Bareng
Minggu 28-12-2025,12:09 WIB
Di Penghujung Tahun, Agus Yasmin Beri Apresiasi untuk Kinerja Positif Bupati Bandung
Minggu 28-12-2025,09:56 WIB
Polres Bogor Terapkan One Way Sepenggal di Kawasan Wisata Puncak
Minggu 28-12-2025,09:33 WIB