PT KAI Jamin Ketersediaan Tiket Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2025

Senin 23-12-2024,09:47 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

JAKARTA  – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menjamin calon penumpang dapat memperoleh tiket perjalanan sesuai dengan tujuan mereka selama liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

"Para calon penumpang dapat memanfaatkan aturan yang telah ditetapkan terkait pembelian tiket. Untuk pembelian tiket KA jarak jauh, pembelian tiket dapat dilakukan mulai H-45 sebelum jadwal keberangkatan," ujar VP Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Senin (23/12).

Untuk penumpang yang ingin membeli tiket kereta api perjalanan lokal, tiket dapat diperoleh mulai dari 30 hari sebelum jadwal keberangkatan. Namun, untuk beberapa perjalanan tertentu, tiket baru tersedia hingga 7 hari sebelum keberangkatan.

"Selain itu, KAI terus meningkatkan kemudahan layanan bagi pelanggan dengan menyediakan fitur reschedule (ubah jadwal) dan pembatalan tiket melalui aplikasi Access by KAI," kata Anne.

Menurutnya, layanan tersebut dirancang untuk memberikan kemudahan bagi calon penumpang dalam melakukan perubahan atau pembatalan perjalanan demi meningkatkan fleksibilitas.

BACA JUGA:PT KAI Siapkan Kapasitas Angkut 44,6 Juta Penumpang untuk Natal 2024 dan Tahun Baru 2025

BACA JUGA:PT KAI Daop 2 Bandung Kembali Serahkan Bantuan TJSL Bina Lingkungan Sebesar Rp120.778.500

Di tengah kondisi cuaca yang cukup ekstrem, Anne menegaskan bahwa seluruh perjalanan selama liburan Natal dan Tahun Baru akan tetap berjalan sesuai jadwal. Ia juga memastikan tidak akan ada penundaan dalam jadwal keberangkatan kereta api.

"KAI berupaya mempertahankan on time performance (OTP) selama periode Natal dan Tahun Baru 2024/2025. Hingga saat ini, tidak ada penundaan perjalanan yang dijadwalkan," ujar Anne.

Hingga saat ini, KAI terus memantau kondisi cuaca di seluruh area operasionalnya dan siap mengambil langkah-langkah antisipasi untuk memastikan keselamatan penumpang.

"Jika terjadi cuaca ekstrem yang berpotensi memengaruhi operasional perjalanan kereta api, KAI akan melakukan pemeriksaan intensif di titik-titik rawan bencana. Saat ini, KAI telah menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) di lokasi strategis," katanya.

Anne menegaskan komitmen KAI untuk menyediakan perjalanan yang aman dan nyaman bagi para pelanggan. Jika terjadi penundaan atau perubahan jadwal akibat cuaca ekstrem, informasi akan disampaikan melalui situs resmi kai.id atau akun media sosial resmi KAI di @kai121.

Menanggapi persiapan tersebut, pengamat transportasi sekaligus Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (Instran), Deddy Herlambang, berpendapat bahwa KAI telah memiliki pengalaman yang memadai.

"Saya pikir siap sekali karena sudah berpengalaman. Mulai dari Lebaran, Natal-Tahun Baru, dari tahun ke tahun berikutnya itu saya pikir sudah siap," katanya.

Deddy menyampaikan bahwa masih banyak masyarakat yang ingin menjadikan kereta api sebagai pilihan utama. Hal ini didukung oleh kemajuan teknologi, peningkatan fasilitas, serta kemudahan dalam mendapatkan tiket perjalanan.

Kategori :