Kantor Imigrasi Bandung Tingkatkan Pengawasan Orang Asing di Kabupaten Sumedang

Jumat 25-10-2024,19:10 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung memperkuat upaya pengawasan terhadap keberadaan orang asing di Kabupaten Sumedang dengan menggelar rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di wilayah tersebut.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung, Babay Baenullah, menegaskan pentingnya kolaborasi antarinstansi dalam acara bertema "Optimalisasi Pengawasan Orang Asing di Wilayah Kabupaten Sumedang". Babay, yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Timpora, menyampaikan bahwa kerja sama ini krusial untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tertib di Sumedang.

"Kerja sama antar instansi ini penting untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tertib di wilayah Sumedang," ujar Babay dalam keterangan di Bandung, Jumat (25/10).

Senada dengan itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Masjuno, juga mengungkapkan dalam sambutannya bahwa sinergi antarinstansi sangat diperlukan demi pengelolaan keberadaan orang asing yang efektif.

BACA JUGA:Garut Kembangkan 150 Ribu Bibit Kopi Arabika Demi Kesejahteraan Petani dan Kelestarian Lingkungan

BACA JUGA:Program Gizi Sehat, Pemkab Cirebon Bagikan Makanan Bergizi untuk Sekolah di Daerah Terpencil

"Kita harus tekankan bahwa sinergi antara berbagai instansi sangat diperlukan untuk menangani keberadaan orang asing secara efektif," kata Masjuno.

Dalam sesi diskusi bersama para pemangku kepentingan, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jabar, Filianto Akbar, menjelaskan peran Timpora dalam memperkuat pertukaran informasi mengenai keberadaan dan kegiatan orang asing.

Ia menekankan bahwa kolaborasi yang kuat antarinstansi adalah kunci dalam mendukung penegakan hukum dan kegiatan intelijen yang lebih baik.

Melalui rapat koordinasi Timpora ini, diharapkan pengawasan terhadap orang asing di Kabupaten Sumedang dapat lebih optimal, mendukung keamanan, serta memberikan rasa nyaman bagi masyarakat setempat.*

Kategori :