Mengenal 5 Jenis Jeruk yang Populer di Dunia dengan Rasa Unik!

Kamis 17-10-2024,15:48 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Jeruk adalah salah satu buah yang paling banyak digemari dan dikonsumsi di seluruh dunia. Selain rasanya yang menyegarkan, jeruk juga kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh.

Berbagai jenis jeruk hadir dengan karakteristik uniknya masing-masing, dari segi rasa, tekstur, hingga manfaatnya. Yuk, kita kenali beberapa jenis jeruk yang paling populer di dunia dan asal-usulnya!

Mengenal Jenis Jeruk yang Populer di Dunia

1. Jeruk Manis (Citrus sinensis)

Jeruk manis merupakan jenis jeruk yang paling sering kita temui di pasar dan swalayan. Buah ini sangat serbaguna; hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan, mulai dari daging buah, kulit, hingga bijinya. Jeruk manis memiliki rasa yang segar dan manis, cocok untuk dimakan langsung atau dijadikan jus.

Varietas:

Di Indonesia: Jeruk manis Pacitan sangat populer.

Di luar negeri: Varietas seperti Valencia, Jaffa, dan Washington Navel banyak diminati di pasar internasional.

2. Jeruk Mandarin (Satsuma/Mandarin)

Jeruk mandarin termasuk dalam jenis citrus yang banyak digemari karena ukurannya yang kecil, kulitnya yang mudah dikupas, serta rasanya yang manis. Satsumas dan Clementines adalah varietas jeruk mandarin yang populer karena teksturnya yang lembut dan rasa manisnya yang lezat.

Jeruk mandarin banyak diproduksi di negara-negara seperti Israel, Turki, dan Spanyol. Produksi jeruk ini biasanya berlangsung antara September hingga April, tergantung pada iklim dan musim tanam di negara tersebut.

 

BACA JUGA:10 Jenis Jeruk Paling Enak di Dunia, Salah Satunya Jeruk Mandarin

BACA JUGA:7 Khasiat Jeruk Nipis Si Buah Ajaib dengan Beragam Nutrisi dan Vitamin!

 

3. Jeruk Besar (Oranges)

Jeruk besar merupakan jenis jeruk yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Ragam varietasnya, seperti Navels dan Valencias, dikenal karena ukurannya yang besar dan rasanya yang manis. Jeruk besar sering kali diolah menjadi jus atau dimakan langsung sebagai camilan sehat.

Negara-negara produsen jeruk besar meliputi Amerika Serikat, Brasil, Cina, dan negara-negara di Eropa. Brasil menjadi salah satu produsen terbesar, dengan target produksi mencapai 16,5 juta ton pada tahun 2024.

4. Jeruk Grapefruit

Jeruk grapefruit dikenal dengan warna bulirnya yang kemerahan dan rasanya yang sedikit asam dengan sentuhan manis. Varietas Ruby Red Grapefruit sangat populer di kalangan pecinta jeruk karena tampilannya yang menarik dan rasanya yang segar.

Kategori :