BMKG Prediksi Hujan Akan Mengguyur Beberapa Kota Besar di Indonesia

Senin 14-10-2024,09:56 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan diri menghadapi kondisi cuaca hujan yang akan terjadi di beberapa kota besar di Indonesia.

Dalam prakiraan cuaca yang disampaikan oleh Prakirawan BMKG Rif'at Darajat pada Senin, sejumlah wilayah diprediksi akan mengalami hujan, sementara wilayah lainnya diperkirakan berawan tebal.

Beberapa kota di Pulau Sumatera diperkirakan akan mengalami hujan petir. Kota-kota seperti Medan, Tanjung Pinang, Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Bandar Lampung akan menghadapi cuaca yang cukup ekstrem dengan potensi petir. Selain itu, Banda Aceh juga diperkirakan mengalami hujan petir.

Wilayah Palembang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang, sementara hujan ringan diprediksi terjadi di Padang dan Pekanbaru.

 

BACA JUGA:BMKG Keluarkan Peringatan Hujan dan Angin Kencang di Beberapa Kota Besar Indonesia

BACA JUGA:BMKG: Beberapa Daerah Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem

 

Di Pulau Jawa, BMKG memprakirakan hujan ringan akan terjadi di Serang dan Bandung. Sementara itu, cuaca berawan tebal diprediksi melanda Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Untuk wilayah Yogyakarta, cuaca cerah berawan diharapkan akan mendominasi.

Di wilayah Mataram dan Kupang, BMKG memprediksi cuaca cerah berawan. Sementara itu, Denpasar diprediksi mengalami kondisi berawan.

Bagi masyarakat yang berada di wilayah Pulau Kalimantan, Rif'at mengingatkan untuk mempersiapkan payung atau jaket hujan. Potensi hujan sedang akan melanda Tanjung Selor dan Samarinda, sementara Pontianak dan Palangka Raya berpotensi mengalami hujan ringan. Untuk wilayah Banjarmasin, BMKG memprakirakan cuaca berawan.

Wilayah Sulawesi juga berpotensi dilanda hujan. BMKG menyebutkan adanya potensi hujan lebat di Mamuju, hujan intensitas sedang di Manado, serta hujan ringan di Gorontalo, Palu, dan Kendari. Untuk wilayah Makassar, cuaca berawan tebal diprediksi akan mendominasi.

Di wilayah timur Indonesia, BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas ringan akan terjadi di Sorong, Manokwari, dan Jayapura. Sementara itu, hujan sedang berpotensi terjadi di Ternate, Nabire, Merauke, dan Jayawijaya. Kota Ambon diperkirakan akan mengalami cuaca berawan tebal.

Dengan adanya kondisi cuaca yang bervariasi di berbagai wilayah Indonesia, BMKG mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan diri, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah yang diprediksi akan dilanda hujan lebat dan petir. Memiliki payung atau jaket hujan menjadi langkah antisipasi yang bijak saat menjalankan aktivitas di luar ruangan. 

Kategori :