KAI Daop 1 Operasikan KA Progo New Generation Mulai Selasa

Minggu 13-10-2024,22:44 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mulai mengoperasikan rangkaian Kereta Api (KA) Progo 248A relasi Pasar Senen-Lempuyangan dengan menggunakan Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation pada Selasa (15/10) nanti.

“Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini adalah wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience, sehingga tetap relevan dengan perkembangan zaman,” ujar Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko, di Jakarta, Minggu.

Dilansir dari laman Antara, Ixfan menuturkan bahwa pihaknya secara konsisten terus beradaptasi untuk dapat memenuhi harapan masyarakat dalam meningkatkan kenyamanan penumpang pada kereta ekonomi.

Sebelumnya, satu gerbong kereta ekonomi berkapasitas 106 tempat duduk dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan.

Kini dengan dioperasikannya Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation tersebut, maka stamformasi KA Progo menjadi 8 kereta ekonomi K3 Stainless Steel New Generation 2024 dengan total 576 tempat duduk, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit.

“KAI melakukan inovasi terbaru dengan menghadirkan Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation, dimana jumlah tempat duduk menjadi 72 kursi dalam 1 kereta, sehingga leg room-nya menjadi lebih luas,” kata Ixfan.

Selain itu, pada jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar, serta bisa diatur kemiringannya (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

Pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta pada rangkaian KA baru tersebut juga sudah menggunakan pintu elektrik otomatis, sehingga memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu.

Pelanggan juga disediakan USB charger port pada masing-masing kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta untuk mengisi daya gawai penumpang.

KAI juga menambah jumlah toilet menjadi 2 toilet pada masing-masing gerbong dengan memisahkan antara toilet pria dan toilet wanita, serta mengganti model toilet dari toilet jongkok menjadi toilet duduk. Khusus di toilet wanita, disediakan pula meja lipat yang berfungsi untuk mengganti popok bayi.

"KAI akan terus meng-upgrade kereta-kereta yang sudah ada. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” ujar Ixfan.

KA Progo 248A memiliki durasi perjalanan 8 jam 10 menit dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, pukul 22.55 WIB dan kedatangan di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, pukul 07.05 WIB.

Dengan digunakannya Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation, maka kini harga tiket KA Progo 248A dibanderol mulai dari Rp270 ribu.

Kategori :