10 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Kotamu Termasuk?

Sabtu 12-10-2024,19:59 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Biaya hidup menjadi pertimbangan penting bagi banyak orang ketika ingin memutuskan untuk bekerja atau menetap di suatu kota.

Pasalnya, orang-orang yang tinggal di kota dengan biaya hidup rendah akan lebih mudah memenuhi kebutuhan sehari-hari dan memiliki sisa uang untuk ditabung. Hal ini tentunya akan berdampak positif pada kesejahteraan hidup mereka.

Berdasarkan laporan BPS terbaru pada 12 Desember 2023, terdapat 10 kota dengan biaya hidup terendah di Indonesia. Laporan survei biaya hidup SBH 2022 ini didasarkan pada perhitungan pengeluaran untuk konsumsi, termasuk makanan, minuman, bahan bakar, hingga pulsa handphone.

Dalam laporan tersebut, Cilacap menjadi kota dengan biaya hidup terendah di Indonesia, dengan nilai rata-rata konsumsinya sebesar Rp5.370.000 per bulan.

10 Kota dengan Biaya Hidup Termurah

Berikut adalah 10 kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia yang mungkin bisa jadi pilihan tempat tinggalmu.

1. Waingapu – NTT

Waingapu adalah sebuah daerah di Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Daerah ini terkenal memiliki potensi alam yang sangat indah dan objek wisata andalan seperti Bukit Tenau, Kampung Raja, dan Air Terjun Waimarang.

BACA JUGA:10 Kota Tersepi di Dunia, Cocok untuk Kaum Introvert

BACA JUGA:10 Kota Tertua di Indonesia Ini Sudah Ada Ribuan Tahun Sebelum Merdeka

Kehidupan sehari-hari masyarakat setempat bertumpu pada bidang pertanian, perdagangan, dan pariwisata. Kota Waingapu mempunyai nilai rata-rata konsumsi per rumah tangga sebesar Rp6.151.971,98 per bulan.

2. Jember - Jawa Timur

Selanjutnya, ada Jember yang juga masuk dalam daftar kota dengan biaya hidup terendah di Indonesia. Jember terletak di Jawa Timur, berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia di sebelah selatan, Probolinggo di sebelah utara, Lumajang di sebelah barat, dan Kabupaten Banyuwangi di sisi timurnya.

Pertumbuhan ekonomi di wilayah ini ditopang oleh beberapa sektor, antara lain pertanian, pertambangan, dan industri pengolahan. Kabupaten Jember mempunyai nilai rata-rata konsumsi sebesar Rp6.910.715,91 per bulan.

3. Sumenep - Madura, Jawa Timur

Sumenep adalah sebuah wilayah yang terletak di ujung timur Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur. Roda ekonomi masyarakat Sumenep ditopang oleh beberapa bidang komoditas, meliputi pertanian, kehutanan, dan perikanan. Kabupaten Sumenep mempunyai nilai rata-rata konsumsi sebesar Rp5.994.442,16 per bulan.

4. Singaraja - Bali

Kota Singaraja terletak di Provinsi Bali, yang terkenal hingga mancanegara karena pariwisatanya. Di balik majunya pariwisata dan bisnis di Bali, Singaraja menjadi satu-satunya wilayah di Provinsi Bali dengan biaya hidup paling rendah.

Mengacu pada laporan SBH 2022, Kota Singaraja mempunyai nilai rata-rata konsumsi sebesar Rp5.978.832,87 per bulan.

BACA JUGA:10 Kota Terdingin di Indonesia Pada 2024, Cocok untuk Penyuka Iklim Sejuk

Kategori :