4 Kampus Swasta Terbaik di Bandung Pada 2024

Jumat 04-10-2024,19:31 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Sebagai ibu kota Jawa Barat, Bandung memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah keberadaan beberapa kampus swasta terbaik.

Salah satu di antara kampus-kampus tersebut bahkan masuk dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Kualitas kampus yang baik tidak hanya dilihat dari bangunan besar atau lokasinya yang strategis, tetapi juga dari akreditasi, program pendidikan, serta kualitas tenaga pengajarnya.

Apakah kampus-kampus swasta di Bandung memiliki kriteria tersebut? Tentu saja kami sudah merangkum yang mana saja yang menjadi favoritnya.

4 Kampus Swasta Favorit di Bandung

Berikut adalah daftar kampus swasta terbaik di Bandung dengan akreditasi A di banyak jurusannya.

1. Universitas Telkom Bandung (Telkom University)

Universitas Telkom, yang terletak di Jalan Telekomunikasi 1, Buah Batu, Bojong Soang, Sukapura, menempati posisi ke-10 sebagai perguruan tinggi swasta terbaik secara nasional pada tahun ini.

BACA JUGA:Dituduh Kampus Palsu Karena Bukti Ini, UIPM Tempat Raffi Ahmad Kuliah Akan Tuntut Netizen

BACA JUGA:WNI di Bangkok Tak Temukan Kampus UIPM Tempat Raffi Ahmad Dapat Gelar Doctor Honoris Causa

Kampus ini memiliki akreditasi unggul dan menawarkan program pendidikan yang lengkap mulai dari D3, D4, S1, hingga magister dan doktoral. Biaya kuliah di Universitas Telkom terjangkau, berkisar antara Rp6 juta hingga Rp13 juta per semester.

2. Universitas Katolik Parahyangan Bandung (UNPAR)

Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), yang berlokasi di Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung, juga termasuk dalam jajaran kampus swasta terbaik. Berdasarkan peringkat Unirank, UNPAR menduduki posisi ke-64 sebagai kampus terbaik di Indonesia dan telah mendapatkan akreditasi unggul dari BAN-PT.

Selain program sarjana, UNPAR juga menawarkan program magister dan doktoral. Biaya kuliah di UNPAR berkisar antara Rp12 juta hingga Rp53 juta per semester.

3. Universitas Pasundan Bandung (UNPAS)

Universitas Pasundan Bandung, yang berlokasi di Jalan Dr. Setiabudi, Gegerkalong, menempati peringkat ke-62 sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut Unirank. Kampus ini juga telah meraih akreditasi A.

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di UNPAS, baik untuk program sarjana, magister, maupun profesi dokter, pendaftaran sudah dibuka. Berbagai jurusan yang ditawarkan dapat dilihat melalui laman resmi UNPAS. Biaya kuliah di UNPAS berkisar antara Rp10 juta hingga Rp50 juta per semester.

4. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Universitas Islam Bandung (UNISBA) juga menjadi rekomendasi bagi lulusan SMA atau SMK. Di tingkat nasional, UNISBA menduduki peringkat ke-77.

Kampus ini berlokasi di Jalan Tamansari No. 1, Kecamatan Bandung Wetan, dan meskipun merupakan perguruan tinggi swasta, UNISBA menawarkan banyak pilihan jurusan. Selain program sarjana, UNISBA juga memiliki program magister. Biaya kuliah di UNISBA bervariasi, mulai dari Rp1 juta hingga Rp130 juta, tergantung pada jurusan yang dipilih.

Kategori :

Terkait