Ahmad Syaikhu Ziarah ke Makam Adipati Singacala dan Pangeran Usman Saat Kampanye di Ciamis

Kamis 03-10-2024,19:26 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR, Ciamis – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Ahmad Syaikhu, melanjutkan kampanye politiknya dengan berziarah ke makam tokoh-tokoh penting di Situs Astana Gede, Kerajaan Galuh, Kabupaten Ciamis, Kamis (3/10/2024).

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan kampanyenya yang sekaligus menjadi momen untuk mengenang jasa para leluhur yang berperan penting dalam sejarah dan penyebaran Islam di wilayah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Syaikhu berziarah ke makam Adipati Singacala dan Pangeran Usman. Kedua tokoh ini memiliki peran signifikan dalam penyebaran agama Islam di Kerajaan Sunda Galuh. "Di sini ada situs peninggalan bersejarah, terdapat makam tokoh-tokoh penting dan juga tempat pelantikan raja-raja di masa lalu," ujar Syaikhu.

Selain merenungkan sejarah dan jasa para leluhur, Syaikhu mengungkapkan bahwa ia mendapatkan banyak hikmah dari kunjungannya. Salah satu pesan yang ia tekankan adalah pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan menjauhi perbuatan negatif.

 

BACA JUGA:Syaikhu-Habibie Kompak Kampanye di Ciamis, Perkuat Basis Dukungan Priangan Timur

BACA JUGA:Ahmad Syaikhu Bicara Soal UMKM, Kesehatan hingga Pemilih Pemula Sambil Jalan Pagi di Situ Buleud

 

“Dari sini kita diingatkan untuk tidak merusak lingkungan, tidak berjudi, serta menjaga harmoni dengan alam,” ungkapnya.

Ia juga mengajak generasi muda di Ciamis, khususnya, dan Jawa Barat pada umumnya, untuk mengambil pelajaran dari nilai-nilai yang diwariskan oleh para leluhur. "Jika generasi sekarang memegang teguh pesan-pesan para leluhur ini, insya Allah mereka tidak akan menghadapi kesulitan yang berarti dalam hidup," tambah Syaikhu dengan penuh harap.

Juru Pelihara Makam, Eman, turut memberikan penjelasan terkait sosok Adipati Singacala dan Pangeran Usman.

 

BACA JUGA:Senam Bareng Ahmad Syaikhu, Emak-emak Cianjur Suarakan Dukungan untuk Pasangan ASIH

BACA JUGA:Syaikhu Berduka atas Musibah Gempa Kabupaten Bandung

 

Kategori :