Gubernur Jabar Kedepan Harus Pahami Empat Pilar Harmoni Sebagai Kriteria Pemimpin Ideal

Kamis 03-10-2024,13:36 WIB
Editor : Erwin Mintara

 

Jawa Barat adalah provinsi yang sangat kaya akan sumber daya alam. Pemimpin Jawa Barat harus memiliki visi yang jelas tentang bagaimana menjaga keseimbangan antara pembangunan dan kelestarian alam. 

 

"Pembangunan yang tidak menghancurkan lingkungan, namun justru mengintegrasikan elemen-elemen alam seperti tanah, air, udara, dan api dalam setiap kebijakan, " paparnya. 

 

H. Didit menegaskan, pemimpin yang dicari adalah seseorang yang memahami bahwa pembangunan tanpa memperhatikan lingkungan akan menghancurkan masa depan Jawa Barat. Pemimpin masa depan harus berani mengambil langkah strategis untuk menghadapi ancaman perubahan iklim, deforestasi, dan degradasi lingkungan yang terus mengancam kualitas hidup rakyat.

 

Selanjutnya, Didit menjelaskan soal kriteria pemimpin Harmoni dalam Empat Pilar Kehidupan: Spiritualitas, Keluarga, Masyarakat, dan Alam. 

 

“Pemimpin yang dibutuhkan Jawa Barat adalah sosok yang memahami pentingnya menjaga keseimbangan di antara empat pilar utama kehidupan: spiritualitas, keluarga, masyarakat, dan alam. Dalam masyarakat Sunda, spiritualitas bukan sekadar ibadah, melainkan juga penghormatan terhadap alam, keluarga, dan masyarakat sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan," ujar H. Didit.

 

Menurutnya, pemimpin masa depan harus mampu menjaga keseimbangan ini dengan kebijakan yang memupuk nilai-nilai kebersamaan, gotong royong, dan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan. "Jawa Barat tidak hanya membutuhkan pemimpin yang membangun infrastruktur, tetapi juga membangun manusia dan masyarakat yang harmonis."

 

Yang keempat, menurut H. Didit bahwa pemimpin Jabar harus Harmoni dalam Siklus Kehidupan: Memastikan Keadilan Sosial di Setiap Fase Kehidupan. 

 

"Di dunia yang semakin dinamis, H. Didit menyoroti pentingnya pemimpin yang mampu memahami siklus kehidupan rakyat. "Seorang pemimpin harus memastikan keadilan sosial di setiap tahap kehidupan warganya, dari masa kanak-kanak hingga usia lanjut," tegasnya.

Tags :
Kategori :

Terkait