Konsorsium Nusantara Sukses Bangun Hotel Nusantara di IKN

Senin 30-09-2024,13:12 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - PEMERINTAH memastikan bahwa Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) terbuka kepada semua kalangan yang berniat menanamkan modal. Tidak hanya investor atau pengusaha dari luar negeri, mereka mendukung penuh investor dan pengusaha lokal. Komitmen tersebut dibuktikan dengan hadirnya beberapa pengusaha dalam negeri di Nusantara. Mereka sudah menanamkan modal di beberapa sektor. Termasuk perhotelan. 

Belum lama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan Swissotel Nusantara di IKN. Dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi tinggi kepada para pengusaha lokal yang terlibat dalam proyek itu. ”Saya ingin memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pembangunan Swissotel Nusantara yang dikerjakan dalam waktu sembilan bulan,” kata Presiden Jokowi. 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengaku sempat tidak yakin bahwa hotel tersebut akan selesai dikerjakan kurang dari satu tahun.

Kepada pengusaha Sugianto Kusuma yang tergabung dalam Konsorsium Nusantara, Jokowi menyatakan bahwa dia tidak percaya hotel itu bisa digunakan sebelum Agustus 2024. Ketidakyakinan itu dijawab oleh konsorsium yang diisi oleh pengusaha-pengusaha lokal dengan pembuktian. 

 

BACA JUGA:Pembangunan IKN Jadi Peluang Kota Samarinda Menekan Angka Pengangguran

BACA JUGA:IKN Jamin Siapkan Air Bersih Siap Minum, Kereta Otonom, Hingga Smart Home

 

Saat ini, hotel tersebut sudah berdiri kokoh di IKN. Menjadi salah satu hotel terbaik di Indonesia. ”Setelah melihat sekarang seperti ini, karena sudah terbukti sembilan bulan bisa menyelesaikan hotel bintang lima (dengan) 191 kamar, bukan pekerjaan yang mudah, tapi Indonesia bisa mengerjakan,” kata Jokowi bangga. Keberhasilan itu sekaligus menegaskan bahwa para pengusaha lokal mampu terlibat aktif dalam pembangunan IKN. 

Maruarar Sirait adalah salah seorang pengusaha yang terlibat dalam pembangunan IKN sebagai investor. Dia mengaku menanamkan modal di IKN beberapa pengusaha lain yang tergabung dalam Konsorsium Nusantara. ”Saya ikut konsoriumnya, kita bareng dengan Pak Aguan (Agung Sedayu Group) dan teman-teman yang lain. Kita kan investasi di situ sama-sama,” terang pria yang akrab dipanggil Ara tersebut. 

Ara menyebut, Konsorsium Nusantara berinvestasi di IKN melalui pembangunan Swissotel Nusantara. Hotel bintang lima itu dipakai tempat menginap para tamu dan undangan upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia. Termasuk diantaranya para menteri Kabinet Indonesia Maju. Ara mengakui bahwa dirinya bersama pengusaha yang tergabung dalam Konsorsium Nusantara sudah beberapa kali mengunjungi IKN.

Pantai Indah Kapuk Dua (PANI) merupakan salah satu perusahaan yang terlibat dalam pembangunan Swissotel Nusantara.

 

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo Mendarat Perdana Di Bandara IKN Selasa Siang

BACA JUGA:Sandiaga Uno: Runway Bandara VVIP Nusantara di IKN Siap Digunakan

Kategori :