Mafindo Soloraya Minta Masyarakat Waspada, Hoaks Saat Pilpres Bisa Berlanjut ke Pilkada

Jumat 27-09-2024,09:20 WIB
Editor : Erwin Mintara

RADAR JABAR - Hoaks pemilu yang menyerang 3 (tiga) pasangan Pilpres diperkirakan bakal berlanjut di Pilkada Solo. Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (Mafindo) memprediksikan tokoh-tokoh yang berkontestasi di Pilpres lalu sangat berkaitan dengan Solo.

 

Anggota Utama Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (Mafindo) Soloraya Niken Setyawati menyebutkan, sosok yang maju Pilkada Solo jauh dari kontroversi. Hanya saja tokoh-tokoh tersebut sangat berkaitan dengan sosok yang berkontestasi di Pilpres. 

 

"Untuk Pilkada Solo mudah-mudahan tidak terjadi seperti Pilpres, banyak hoaks pada kandidat. Karena konteks pilpres ini untuk calon-calon lebih merupakan sosok-sosok yang jauh dari kontroversi, tapi perlu diwaspadai dan dimitigasi, para kandidat ada kaitannya dari mereka yang jadi sasaran hoaks," kata Niken di Solo, seperti dikutip dari RRI.co.id, Jumat 27 September 2024.

 

Selain itu Niken menyebutkan jumlah informasi bohong atau hoax pada tahun politik meningkat signifikan. Sejak awal tahun hingga kini sudah lebih 2.000 hoax yang terdeteksi Mafindo. "31,6 persen dari jumlah itu adalah hoax politik," ucap dia.

 

Bahkan pasangan calon yang berkontestasi pada Pilkada 2024 berisiko menjadi sasaran hoaks. Hal tersebut berkaca pada penyelanggaraan Pemilu Presiden 2024, yang diikuti tiga pasangan calon yakni Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

 

"Masyarakat harus cerdas dan kritis serta tidak boleh menelan informasi secara mentah-mentah agar tidak terserang hoaks Pilkada 2024," katanya.

 

Ia menambahkan, serangan hoaks politik lebih banyak terjadi di TikTok. Karena pengguna TikTok banyak dari kalangan anak muda generasi Z. Meski demikian, pihaknya belum mendata berapa jumlah serangan hoaks politik yang terjadi di TikTok. 

 

Akan tetapi, kata Niken secara nasional serangan hoaks tersebut angkanya terus mengalami kenaikan. "Hoaks politik paling banyak di TikTok. Komposisi pemilih banyak anak muda, pengguna TikTok," ujar Niken.

Tags :
Kategori :

Terkait