10 Makanan Khas Jepang yang Paling Hits dan Disukai di Indonesia

Jumat 20-09-2024,15:53 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

BACA JUGA:5 Resep Makanan Jepang Berbahan Nasi dan Telur yang Cocok Jadi Menu Sarapan

 

6. Tempura

Tempura adalah makanan Jepang yang juga nggak kalah populer di Indonesia. Tempura terbuat dari seafood atau sayuran yang dicelupkan ke adonan tepung, kemudian digoreng hingga renyah. Rasa gurih dan tekstur krispi dari tempura bikin makanan ini disukai oleh banyak orang, baik di Jepang maupun di Indonesia.

7. Teriyaki

Teriyaki adalah hidangan yang terbuat dari daging yang dimasak dengan saus teriyaki yang manis dan gurih. Biasanya teriyaki menggunakan daging ayam atau sapi, dan sering disajikan dengan nasi putih hangat dan sayuran.

Saus teriyaki yang meresap ke dalam daging bikin hidangan ini punya rasa yang khas dan bikin mulut nggak bisa berhenti ngunyah.

8. Shabu-shabu

Kalau kamu suka makan bareng teman atau keluarga, shabu-shabu bisa jadi pilihan yang pas. Makanan ini terbuat dari daging dan sayuran yang direbus dalam air mendidih yang sudah dibumbui.

Setelah matang, bahan-bahan tersebut dicelupkan ke saus ponzu atau saus berbasis wijen. Proses memasak sambil makan bikin suasana jadi lebih seru.

9. Udon

Buat penggemar mie, udon adalah pilihan yang nggak boleh dilewatkan. Ukurannya lebih besar dan teksturnya lebih kenyal dibandingkan ramen.

Udon biasanya disajikan dengan kuah kaldu dashi dan kecap asin khas Jepang. Rasa kuahnya yang ringan tapi gurih bikin udon jadi makanan yang cocok buat disantap kapan saja.

10. Dorayaki

Kalau kamu pernah nonton anime "Doraemon", pasti nggak asing dengan dorayaki. Kue ini bentuknya mirip pancake, tapi biasanya diisi dengan selai kacang merah (azuki).

Teksturnya lembut dan manisnya pas, bikin dorayaki jadi camilan yang cocok buat menemani secangkir teh di sore hari.

Makanan-makanan khas Jepang ini nggak cuma enak, tapi juga punya keunikan tersendiri yang bikin orang-orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia, jatuh cinta. Jadi, udah coba yang mana aja nih?

Kategori :