Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kembali Normal Pascagempa di Kabupaten Bandung

Kamis 19-09-2024,09:21 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

Radar Jabar - Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau Whoosh kembali normal pada hari Kamis setelah sempat terhenti akibat gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (18/9). Menurut pihak PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), seluruh jalur kereta telah diperiksa secara mendetail dan dinyatakan aman untuk dilalui.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menjelaskan bahwa pemeriksaan intensif telah dilakukan pada seluruh jalur kereta, mencakup jembatan, terowongan, dan jalur di atas tanah. "Masyarakat tidak perlu khawatir terkait dengan operasional Whoosh setelah gempa. KCIC sudah melakukan pemeriksaan secara mendetail dengan berbagai peralatan berteknologi tinggi untuk memastikan keselamatan perjalanan Whoosh," ujarnya.

Pemeriksaan dilakukan menggunakan kereta inspeksi yang dilengkapi dengan sensor-sensor canggih untuk mendeteksi potensi kerusakan pada infrastruktur kereta.

Pemeriksaan menyeluruh tersebut memakan waktu sekitar 4 jam, mencakup area perbukitan dan struktur jembatan yang menjadi bagian dari jalur kereta cepat sepanjang 144 km.

 

BACA JUGA:Gempa di Kertasari, Bupati Bandung Kang DS: Enam Desa Terdampak, Ribuan Bangunan Rusak

BACA JUGA:BPBD Garut Terjun ke Lapangan untuk Cek Dampak Gempa Bumi Bandung

 

Jalur Whoosh sendiri memiliki struktur jembatan sepanjang 82 km, 13 terowongan dengan total panjang 17 km, serta jalur di atas tanah sepanjang 42 km. Pemeriksaan juga dilakukan untuk mendeteksi potensi gangguan eksternal seperti longsoran tanah atau dampak alam lainnya yang bisa memengaruhi jalur kereta.

KCIC akan kembali mengoperasikan 48 perjalanan kereta cepat Whoosh setiap harinya, dengan perjalanan pertama dimulai pada pukul 05.50 WIB dari Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, dan pukul 06.40 WIB dari Stasiun Halim, Jakarta Timur.

Untuk penumpang yang telah memiliki tiket namun perjalanannya dibatalkan akibat gempa, KCIC memberikan opsi pengembalian bea tiket 100 persen hingga Jumat (20/9). Proses pembatalan tiket bisa dilakukan melalui aplikasi Whoosh, dengan pengembalian uang ke rekening yang didaftarkan dalam waktu 1x24 jam.

Dengan hasil pemeriksaan yang menunjukkan jalur aman, Whoosh siap kembali melayani masyarakat yang ingin menikmati perjalanan cepat dan nyaman di antara Jakarta dan Bandung.

Kategori :