Review Spesifikasi Nubia V60 Design: HP Gaming 1 Jutaan RAM 6 GB Paling Memukau

Selasa 17-09-2024,14:32 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Kita masuk ke home screen, dan tampilannya seperti ini. Bezelnya terlihat rapi di sisi kiri, kanan, dan atas, meskipun bagian bawah sedikit lebih tebal. Namun, ini masih bisa dimaklumi untuk ponsel dengan harga Rp1 jutaan.

Layar ponsel ini mendukung refresh rate hingga 90 Hz, yang membuat pergerakan di layar sangat halus, terutama saat bermain game. Nubia V60 Design memiliki layar berukuran 6,6 inci dengan resolusi HD Plus dan desain "hole punch" yang dilengkapi fitur Live Island. Fitur ini akan kita uji nanti saat melakukan pengisian daya.

Dapur Pacu

Sekarang, kita masuk ke pengujian benchmark Nubia V60 Design. Pada aplikasi AnTuTu, ponsel ini mencatatkan skor 232.940. Ponsel ini menggunakan chipset Unisoc T606 dengan GPU Mali-G57. Baterainya berkapasitas 5.000 mAh dan berjalan dengan sistem operasi Android 13. Untuk konektivitas, tersedia GPS, Wi-Fi, Bluetooth, NFC, serta sensor sidik jari.

Pada pengujian GPU melalui benchmark 3D Mark, skor mencapai 76.800. Untuk Geekbench 6, ponsel ini mencatatkan skor 370 untuk single-core dan 1.371 untuk multi-core. Pada tes 3D Mark lainnya, seperti Slingshot, ponsel ini mendapatkan skor 1.458 dan Whiteel 421.

Sekarang, mari kita coba performanya untuk bermain game. Kita mulai dengan PUBG Mobile di Nubia V60 Design. Sebelum mulai bermain, kita cek pengaturan grafisnya. Grafis diatur pada mode smooth dengan frame rate maksimal di pengaturan high. Namun, giroskop pada ponsel ini tidak tersedia.

Setelah pengaturan selesai, kita langsung mulai permainan. Dalam permainan PUBG Mobile ini, gameplay-nya berjalan lancar dan kita langsung masuk ke dalam pertempuran. Pengalaman bermainnya terasa seru dan responsif!

Kami sudah melakukan uji coba FPS saat bermain game PUBG Mobile selama beberapa menit di mode Arena dengan pengaturan grafis smooth dan frame rate high. Hasilnya, game dapat berjalan dengan rata-rata 29 FPS, dan FPS terendah mencapai 25 FPS saat kondisi ramai. Suhu ponsel mencapai maksimal 40 derajat Celsius, namun masih tergolong aman.

Sekarang, mari kita coba game lain. Kali ini, kita bermain game Honor of Kings. Wow, kami tidak menyangka kualitas speaker-nya cukup bagus! Meskipun hanya menggunakan speaker tunggal, suaranya keras dan vokal terdengar jelas, tidak mendem. Kami benar-benar salut dengan Nubia V60 Design.

BACA JUGA:Review Spesifikasi Nubia Neo 2 5G: Berdesain Eksklusif Manjakan Para Gamer dengan Performa Gahar

BACA JUGA:Alasan Harus Beli Nubia Z60 Ultra yang Berikan Pengalaman Ponsel Pintar Modern

Oke, sekarang kita mulai bermain Honor of Kings di Nubia V60 Design. Pergerakan dalam game terasa lancar dan smooth. Kami langsung mencoba melawan monster untuk menunjukkan kepada kalian bahwa pergerakannya mulus, tanpa lag.

Tim kami juga sudah melakukan uji coba FPS saat bermain Honor of Kings dengan pengaturan grafis high-ultra selama sekitar 5 menit. Hasilnya, game berjalan stabil dengan rata-rata 59 FPS, dan FPS terendah hanya turun hingga 57 FPS. Suhu ponsel saat bermain game ini mencapai maksimal 38 derajat Celsius, yang masih cukup aman. Jadi, bermain Honor of Kings di Nubia V60 Design sangat lancar dan nyaman.

Untuk sensor yang terdapat pada Nubia V60 Design, ponsel ini dilengkapi dengan accelerometer, sensor cahaya, proximity, dan sound sensor. Sedangkan untuk pemakaian baterai, setelah digunakan untuk menonton video selama 30 menit, baterai hanya berkurang 4%.

Selanjutnya, kami mencoba menggunakan aplikasi TikTok dan Instagram selama kurang lebih 30 menit, dan baterai berkurang sekitar 5%. Ketika digunakan untuk bermain game selama kurang lebih 30 menit, baterai berkurang 10%.

Kamera

Sekarang, kita bahas kamera Nubia V60 Design, kamera utamanya beresolusi 50 megapiksel, cukup mewah, kan? Ponsel ini juga memiliki penyimpanan internal sebesar 256 GB, dengan RAM 6 GB yang bisa diperluas hingga 16 GB menggunakan teknologi RAM virtual.

Ada juga teknologi DTS yang membuat pengalaman audio lebih baik. serta kamera depan 8 MP. Mari kita lihat contoh hasil foto dan rekaman video dari Nubia V60 Design.

Kategori :