Polres Cianjur Kerahkan Puluhan Personel untuk Cegah Kemacetan Total di Puncak

Senin 16-09-2024,17:46 WIB
Reporter : Cucun siti Maryam
Editor : Cucun siti Maryam

RADAR JABAR – Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Cianjur, Jawa Barat, telah menempatkan sekitar 65 personel di berbagai titik rawan kemacetan sepanjang jalur Puncak-Cipanas. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terulangnya kemacetan total yang sebelumnya berlangsung selama 14 jam pada Minggu (15/9).

Kepala Satlantas Polres Cianjur, Ajun Komisaris Polisi Anjar Maulana, menyampaikan pada Senin bahwa personel tersebut disiagakan di sejumlah lokasi strategis, mulai dari Bundaran Tugu Lampu Gentur hingga kawasan Puncak Pass.

Tugas utama mereka adalah mengatur lalu lintas dan mengarahkan pengendara ke jalur-jalur alternatif guna mengurangi kemacetan di area tersebut.

"Petugas akan mengarahkan pengendara dengan tujuan Puncak dari Cianjur ke jalur alternatif untuk mencairkan antrean kendaraan. Personel juga disiagakan di pertigaan rawan macet di sepanjang jalur Cipanas hingga Puncak," katanya.

BACA JUGA:Cerita Pengendara Kesal Pilih Putar Balik Menunggu One Way Puncak Bogor

BACA JUGA:Lahan HGU PTPN di Nyalindung Sukabumi Hangus Akibat Kebakaran

Hingga Senin pagi, arus kendaraan yang menuju Bogor dari arah Cianjur masih terlihat padat, dengan antrean panjang kendaraan yang belum terurai.

Oleh karena itu, petugas di wilayah hukum Bogor terus berupaya mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kemacetan yang sudah berlangsung sejak Minggu pagi.

Menurut Anjar, kemacetan di Cianjur terjadi sebagai dampak dari kemacetan yang terjadi di Bogor, sehingga menyebabkan antrean kendaraan membentang sepanjang 18 kilometer, meliputi jalur Puncak-Cipanas hingga ke Jalan Raya Cugenang.

Kondisi ini dipicu oleh tingginya volume kendaraan wisatawan yang hendak kembali ke kota asal mereka setelah berlibur.

"Kami masih berusaha untuk mengatur lalu lintas guna mengurai kemacetan, kami masih menunggu informasi dari Polres Bogor terkait penerapan rekayasa lalu lintas satu arah dari Cianjur menuju Bogor," katanya.

BACA JUGA:Urai Kemacetan Puncak, Polisi Masih Terapkan One Way Arah Jakarta

BACA JUGA:Satu Pengendara Tewas, Polisi Lakukan Penyidikan Terkait Kecelakaan Maut di Jembatan Cikereteg Bogor

Saat ini, tambah Anjar, sedang dilakukan kebijakan satu arah dari Bogor ke Jakarta guna mencairkan penumpukan kendaraan yang sudah terjadi sejak Minggu hingga Senin pagi. Untuk sistem satu arah dari Cianjur masih belum bisa dipastikan.

"Kami mengimbau pengendara dari Cianjur dengan tujuan Jabodetabek mengambil jalur alternatif Jonggol atau Sukabumi guna menghindari macet parah di kawasan Puncak," katanya.

Kategori :