Kontingen Jawa Timur, Sumatera Utara dan Jawa Tengah Berbagi Tujuh Emas di Cabor Wushu PON XXI Aceh-Sumut 2024

Senin 16-09-2024,09:58 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, cabang olahraga wushu menjadi salah satu pertandingan yang sengit. Kontingen Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Jawa Tengah berhasil berbagi tujuh medali emas dalam klasemen akhir perolehan medali wushu. Meski ketiga provinsi ini sama-sama mengantongi tujuh emas, Jawa Timur berada di puncak klasemen dengan total 25 medali.

Kontingen Jawa Timur keluar sebagai juara umum dengan raihan tujuh medali emas, sembilan perak, dan sembilan perunggu. Ketua Umum KONI Jawa Timur, M Nabil, menyampaikan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras para atlet yang telah menjalani pemusatan latihan daerah (puslatda) selama 2,5 tahun.

“Anak-anak itu latihan pagi sore, mereka juga tryout ke China, kemudian mendatangkan pelatih asing. Ketekunan mereka luar biasa,” ujar Nabil.

Tujuh medali emas Jawa Timur disumbangkan oleh atlet-atlet seperti Alisya Mellynar di nomor taijiquan putri dan Michael Arroll Nestor Jennings di taolu wing chun. Sementara itu, beberapa atlet lainnya seperti Muhammad Daffa Golden Boy dan Jennifer Tjahyadi juga berkontribusi besar bagi kontingen ini.

 

BACA JUGA:Jawa Barat Sabet Delapan Medali Emas di Cabang Taekwondo PON XXI Aceh-Sumut 2024

BACA JUGA:Papua Juara Umum Tarung Derajat di PON 2021, Hanya Loloskan Satu Atlet ke PON 2024

 

Kontingen Sumatera Utara berada di posisi kedua dengan perolehan tujuh emas, empat perak, dan satu perunggu. Emas Sumatera Utara disumbangkan dari nomor taolu dan sanda. Nicholas berhasil menyumbang dua emas dari nomor taijiquan putra dan taijijian putra, sementara tiga medali emas lainnya diraih oleh atlet sanda seperti Fereddy Sinaga, Samuel Marbun, dan Harry Brahmana.

Empat perak juga didapatkan dari berbagai nomor sanda putra dan putri, menempatkan Sumatera Utara sebagai salah satu kontingen yang kuat di cabang olahraga wushu.

Jawa Tengah menduduki posisi ketiga dengan tujuh emas, tiga perak, dan tiga perunggu. Dari tujuh emas yang diraih, enam di antaranya berasal dari nomor sanda. Atlet seperti Bayu Peni Hendrasswari dan Yusuf Widianto sukses menambah pundi-pundi emas Jawa Tengah.

Meskipun hanya mengantongi satu emas dari taolu, performa kontingen Jawa Tengah di sanda sangatlah impresif, membuktikan dominasi mereka dalam nomor ini.

 

BACA JUGA:Hari Kedua Cabor Esport PON Aceh-Sumut 2024 Pertandingkan 3 Nomor Gim, Derby Kalimantan di eFootball

BACA JUGA:264 Atlet Pencak Silat Bersaing Rebut 22 Emas PON Aceh-Sumut

 

Kategori :