Jawa Barat Sabet Delapan Medali Emas di Cabang Taekwondo PON XXI Aceh-Sumut 2024

Minggu 15-09-2024,19:52 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

Radar Jabar - Kontingen Jawa Barat (Jabar) kembali menunjukkan taringnya di cabang olahraga taekwondo pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Dengan prestasi gemilang, Jabar mengunci delapan medali emas hingga hari terakhir pertandingan, memastikan posisi mereka sebagai juara umum di cabang ini.

"Alhamdulillah, kami masih bisa jadi juara umum di taekwondo dengan perolehan delapan emas. Ini sesuai dengan target yang kami tetapkan," ujar Pelatih Taekwondo Jabar, Muhammad Rizaldi, dengan penuh kebanggaan di Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Minggu.

Keberhasilan ini menegaskan bahwa Jabar mampu mempertahankan gelar juara umum yang sebelumnya diraih pada PON XX/2021 Papua. Meskipun ada penurunan medali emas dibandingkan dengan PON Papua yang membawa pulang sembilan medali emas, Rizaldi menegaskan bahwa pencapaian di PON XXI ini tetap sesuai target.

Pelatih muda berusia 27 tahun ini mengungkapkan bahwa mempertahankan gelar juara umum tidaklah mudah.

 

BACA JUGA:Papua Juara Umum Tarung Derajat di PON 2021, Hanya Loloskan Satu Atlet ke PON 2024

BACA JUGA:Aprilia Kartina Berhasil Raih Emas Kembali Setelah 12 Tahun Penantian di PON XXI Aceh-Sumut 2024

 

Perjuangan keras dilakukan dengan intensitas latihan yang tinggi serta uji coba di luar negeri. "Kami memulai perjuangan dari awal tahun, dan pada bulan Juli, kami berangkat ke Korea untuk berlatih selama 45 hari. Perjuangan ini benar-benar tidak mudah," tuturnya.

Rizaldi juga mengapresiasi dukungan dari KONI yang menyediakan fasilitas latihan. "Latihan yang konsisten, dukungan dari pengurus, dan fasilitas yang disediakan KONI sangat mempengaruhi pencapaian ini," tambahnya.

Di PON XXI, beberapa atlet Jabar berhasil mempertahankan gelar mereka, termasuk Adam Yazid Ferdiansyah yang meraih medali emas untuk kategori kyorugi putra kelas -68 kilogram untuk kali ketiga berturut-turut.

"Kami tetap berusaha menjaga prestasi atlet dan juga memunculkan bibit-bibit baru. Meskipun belum ada atlet baru yang meraih emas, regenerasi tetap menjadi fokus kami," jelas Rizaldi.

 

BACA JUGA:264 Atlet Pencak Silat Bersaing Rebut 22 Emas PON Aceh-Sumut

BACA JUGA:Hari Kedua Cabor Esport PON Aceh-Sumut 2024 Pertandingkan 3 Nomor Gim, Derby Kalimantan di eFootball

Kategori :