Dihadiri Ribuan Peserta, Gebyar Jambore Perangkat Desa Se Kabupaten Bandung Digelar di Soreang

Minggu 15-09-2024,13:27 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR - Sebanyak 4.082 orang perangkat desa mengikuti semarak gebyar pelaksanaan Jambore Perangkat Desa di Dome Bale Rame Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu 14 September 2024.

Ribuan orang perangkat desa itu terdiri dari 270 Kepala Desa, 270 Sekretaris Desa, 810 Kepala Seksi, 810 Kepala Urusan, 1.132 Kepala Dusun, dan 790 Staf Desa.

Gebyar Jambore Perangkat Desa yang pertama kali dilaksanakan itu dikemas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Suasana pun semakin semarak disaat pelaksanaan Jambore Perangkat Desa itu dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Bandung dan jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Bandung.  

 

BACA JUGA:Diikuti Ratusan Peserta, Jambore Relawan LPBI NU dan Harlah LPBI ke-14 Digelar di Kertasari Bandung

BACA JUGA:Pramuka Jawa Barat Akan Bertarung di Jambore Nasional 2022

 

 

Dalam kegiatan ini, dihadiri Bupati Bandung Dadang Supriatna didampingi Kepala DPMD Kabupaten Bandung Tata Irawan.

Bupati Dadang Supriatna melalui Kepala DPMD Kabupaten Bandung Tata Irawan mengatakan, bahwa pemerintahan desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

"Kepala desa atau sebutan lain adalah pejabat pemerintah desa yang mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga desanya dan melaksanakan tugas dari pemerintah dan pemerintah daerah," kata Tata dalam keterangannya.

Ia menyebutkan, perangkat desa adalah unsur staf yang membantu kepala desa dalam penyusunan kebijakan dan koordinasi yang diwadahi dalam sekretariat desa, dan unsur pendukung tugas kepala desa dalam pelaksanaan kebijakan yang diwadahi dalam bentuk pelaksana teknis dan unsur kewilayahan.

"Jambore Perangkat Desa Kabupaten Bandung merupakan pertemuan antar 

perangkat desa dan ajang silaturahmi untuk meningkatkan motivasi dan 

mewujudkan kebersamaan antar perangkat desa," ujarnya. 

Tata mengatakan kegiatan Jambore Perangkat Desa merupakan apresiasi dan penghargaan kepada perangkat desa yang tak kenal lelah dalam melaksanakan serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini, paparnya, memiliki tema “Membangun Komunikasi, Memperluas Relasi, Menguatkan Ekonomi dan Mengembangkan Pemberdayaan guna meningkatkan Kualitas Pelayanan Desa yang semakin BEDAS”.

Tata menjelaskan, maksud dari kegiatan Jambore Perangkat Desa yaitu untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada perangkat desa yang tak kenal lelah dalam melaksanakan serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Ia mengatakan, kegiatan Jambore Perangkat Desa bertujuan, pertama untuk  meningkatkan motivasi dan mewujudkan kebersamaan antar perangkat desa. Kedua, meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan. Ketiga,  mempromosikan potensi desa.

Tata turut menjelaskan rangkaian kegiatan kegiatan Jambore Perangkat Desa Tahun 2024 diawali dengan 

pelaksanaan berbagai lomba yang dilaksanakan di Stadion Si Jalak Harupat pada 28 Agustus 2024 yang di ikuti oleh perwakilan kepala desa dan perangkat desa serta kecamatan di 7 DP (Daerah Pembangunan) se-Kabupaten Bandung. 

Mulai melaksanakan lomba mini soccer, lomba bakiak,  lomba tarik tambang, lomba estafet fun game suporter terheboh. 

Selain lomba tersebut terdapat juga lomba lainnya yang diantara video profil desa terbaik, dan media sosial teraktif, inovatif dan kreatif. Desa teraktif dalam pengajuan dan SPJ

Pelaksanaan acara puncak Jambore Perangkat Desa Tahun 2024 dilaksanakan pada Sabtu, 14 September 2024 di Dome Bale Rame Soreang. 

 

BACA JUGA:Pemkab Bandung Gelar Semarak Jambore Lingkungan Tahun 2024

BACA JUGA:Jambore Pramuka, Emma Dety: Pramuka Bedas Cetak Generasi Muda yang Cerdas, Tangkas dan Berkarakter

 

Pada kesempatan itu dilaksanakan penilaian pameran stand terkreatif, yang diikuti oleh seluruh desa di 31 kecamatan. 

Stand ini mempromosikan berbagai produk unggulan di desa masing-masing; dan MASKARA terkreatif, diikuti oleh perwakilan 7 dapil  se-Kabupaten Bandung.

Kegiatan sosial yang diantaranya,  santunan anak yatim, dan cek kesehatan.

DPMD juga turut melaksanakan  penganugerahan dan pengumuman pemenang lomba. Dalam rangkaian Jambore Perangkat Desa Pemerintah Kabupaten Bandung melalui DPMD  Kabupaten Bandung memberikan penganugerahan dengan kategori kolaborator program pembangunan desa, kolaborator program Rembug BEDAS dan Bunga Desa. 

 

Selain itu perangkat desa dengan masa bakti terlama pemberian penganugerahan merupakan sebagai bentuk apresiasi juga bertujuan untuk menciptakan keharmonisan hubungan di antara pemangku kepentingan (stakeholders).

Kemudian melaksanakan pengundian door prize yang salah satunya yaitu door prize umrah yang langsung diberikan oleh Bupati Bandung Dadang Supriatna.

"Kami Ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang telah memberikan dukungan door prize umrah sebanyak 2 paket umrah. Tentu harapan dengan adanya Jambore Perangkat Desa ini dapat meningkatkan 

motivasi dan mewujudkan kebersamaan antar perangkat desa, meningkatkan ekonomi dan pengembangan pemberdayaan guna meningkatkan pelayanan desa yang semakin BEDAS dengan tagline 'Dari Desa, Oleh Desa, Untuk Masyarakat'," pungkasnya.*** (ysp)

Kategori :