Tim Dayung Jawa Barat Melaju ke Final Perahu Naga PON Aceh-Sumut 2024

Minggu 15-09-2024,13:19 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Tim dayung putra dan putri Jawa Barat berhasil memastikan tempat mereka di babak final perahu naga atau traditional boat race dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024. Prestasi ini diraih setelah tampil gemilang di babak penyisihan yang digelar di Bendungan Keuliling, Kabupaten Aceh Besar.

Pada nomor 12 crew putra 500 meter, tim dayung Jabar tampil luar biasa dengan mencatat waktu tercepat, yaitu 1 menit 58,287 detik. Mereka berhasil mengalahkan tim Papua Barat yang mencatat waktu 2 menit 00,035 detik dan tuan rumah Aceh yang finis ketiga dengan waktu 2 menit 01,695 detik.

Tak hanya Jawa Barat, tim dayung Sulawesi Tenggara juga mengamankan satu tempat di babak final. Tim yang terdiri dari Al Azhar Ramadhan, Hamid, Sharul Gunawan Sofiyanto, dan kawan-kawan berhasil mencatatkan waktu 1 menit 59,528 detik pada balapan ke-14, memastikan tiket final di nomor putra 500 meter.

Tak kalah dengan tim putra, tim dayung putri Jawa Barat juga berhasil melaju ke babak final setelah finis tercepat di babak penyisihan dengan waktu 2 menit 14,909 detik. Tim yang terdiri dari Adila Desvi Rahayu, Ana Rahayu, Sovia Angrum, Sri Kandi, Aisyah Alzuba, Dwi Rachma Febriyanti, dan kawan-kawan ini sukses mengungguli lawan-lawan mereka.

 

BACA JUGA:Aprilia Kartina Berhasil Raih Emas Kembali Setelah 12 Tahun Penantian di PON XXI Aceh-Sumut 2024

BACA JUGA:264 Atlet Pencak Silat Bersaing Rebut 22 Emas PON Aceh-Sumut

 

Selain Jabar, DKI Jakarta juga memastikan tempat di final bersama Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Keempat tim ini akan bertarung di babak final untuk nomor 12 crew putri 500 meter, yang diprediksi akan berlangsung ketat.

Namun, bagi tim-tim yang gagal lolos langsung ke final, masih ada harapan melalui babak repechage atau kesempatan kedua. Wakil Sekretaris PB PODSI Brata Tryana Hardjosubroto menjelaskan bahwa tim yang kalah di babak penyisihan masih memiliki peluang untuk maju ke final melalui babak repechage.

Untuk nomor putra 500 meter, tim yang akan bertarung di repechage termasuk tuan rumah Aceh, Papua Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Banten, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, dan Jawa Timur.

Sementara itu, di nomor putri, tim dayung Aceh akan berjuang memperebutkan tiket final melalui repechage melawan tim Sulawesi Selatan, Papua, Sulawesi Tenggara, dan Jambi.

 

BACA JUGA:264 Atlet Pencak Silat Bersaing Rebut 22 Emas PON Aceh-Sumut

BACA JUGA:Loncat Indah Putri Kembali Sumbang Emas Untuk Jawa Timur di PON 2024

Kategori :