Beri BPJS Ketenagakerjaan Kepada Pekerja Rentan, Bupati Bandung Raih Penghargaan dari Presiden Jokowi

Kamis 12-09-2024,16:28 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

"Pemkab Bandung mengalokasikan anggaran untuk melindungi pekerja rentan termasuk untuk para petani, guru ngaji dan juga RT/RW.  Dan ini menjadi bagian hadirnya negara untuk melindungi masyarakat terutama para pekerja rentan," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Dadang Supriatna mengungkapkan rasa syukurnya atas Anugerah Paritrana Award 2024 ini. 

Ia mengaku tidak menyangka akan memperoleh penghargaan tertinggi dari Presiden Republik Indonesia tersebut. 

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas penghargaan yang luar biasa ini. Terima kasih Pak Presiden. Ini adalah bentuk apresiasi atas upaya kami dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat rentan di Kabupaten Bandung," ujar Kang DS sapaan akrabnya Dadang Supriatna.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu juga menyampaikan terima kasih kepada Disnaker, BPJS Ketenagakerjaan dan seluruh pihak yang telah mendukung program BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Bandung.

"Alhamdulillah coverage BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Bandung semakin meningkat. Saat ini kami membayar premi hampir 400 ribu pekerja dan masyarakat rentan di Kabupaten Bandung. Dan ini diakui merupakan yang tertinggi di Indonesia," terangnya.

Ke depan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas dan cakupan program BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Bandung dengan menyasar berbagai segmen baru demi memberikan perlindungan bagi mereka. 

"Alhamdulillah di Kabupaten Bandung saat ini mulai dari petani, guru ngaji, RT/RW, Linmas, petugas Posyandu semuanya telah dicover BPJS Ketenagakerjaan. Jadi ketika ada resiko misalkan kecelakaan kerja atau meninggal dunia, ahli warisnya juga terlindungi karena mendapatkan santunan sehingga anaknya tidak sampai putus sekolah," imbuhnya.

Kang DS menyebut, para pekerja atau masyarakat rentan yang memperoleh perlindungan BPJS Ketenagakerjaan dari Bupati Bandung tersebut akan memperoleh dua manfaat sekaligus.

Yakni, paparnya, memperoleh asuransi jaminan kecelakaan kerja dan kematian bagi seluruh guru ngaji, petani, RT/RW, Linmas dan pekerja rentan kainnya yang dicover BPJS Ketenagakerjaan. 

"Saya berharap penghargaan ini dapat memotivasi kita semua untuk terus meningkatkan kinerja dan dedikasi dalam membangun Kabupaten Bandung yang semakin Bedas, maju dan berkelanjutan," ujarnya.

Kang DS menyampaikan, anugerah Paritrana Award dari Presiden RI ini menjadi bukti nyata bahwa kepemimpinannya telah memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat Kabupaten Bandung. 

"Kebijakannya dalam mengalokasikan anggaran untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja rentan diakui oleh pemerintah pusat," pungkasnya.* (ysp).

Kategori :