7 Tanaman Obat yang Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit

Jumat 13-09-2024,07:44 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Kamu pasti sering dengar kan tentang tanaman obat yang punya banyak manfaat buat kesehatan? Nah, di Indonesia sendiri, tanaman obat udah jadi bagian dari pengobatan tradisional sejak lama.

Selain alami, tanaman-tanaman ini juga bisa jadi alternatif yang lebih aman daripada obat-obatan kimia. Yuk, kita kenalan sama beberapa tanaman obat yang bisa bantu sembuhin berbagai penyakit.

Rekomendasi Tanaman Obat yang Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit

1.Kumis Kucing

Kumis kucing ini gak cuma buat hiasan taman, lho! Daunnya punya banyak manfaat buat kesehatan, seperti mengatasi kencing batu, rematik, batuk, diabetes, dan masuk angin

Daunnya bisa kamu rebus dan minum airnya. Fungsi diuretik dan antioksidan yang tinggi dari kumis kucing ini bikin badan lebih sehat.

2.Daun Sirih

Siapa sih yang gak kenal daun sirih? Daun ini bisa bantu atasi bau mulut, jaga kesehatan gigi dan gusi, serta mempercepat penyembuhan luka berkat kandungan tanin.

Bisa dijadiin teh herbal atau obat kumur. Jadi, kalau ada masalah di mulut, tinggal seduh daun sirih aja.

 

BACA JUGA:8 Tanaman Obat yang Memiliki Khasiat yang Luar Biasa dan Mudah Tumbuh di Lingkungan Rumah

BACA JUGA:5 Proses Budidaya Tanaman Obat yang Harus Diperhatikan, Mudah dan Murah!

 

3.Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ternyata ampuh buat melawan virus, lho! Kandungan quercetin-nya bisa ngurangin replikasi virus penyebab demam berdarah, dan punya sifat antikanker, antidiabetik, serta antiinflamasi.

Cukup rebus daunnya dan minum air rebusannya. Bisa banget buat yang lagi demam berdarah atau pengen jaga kesehatan aja.

Kategori :