Gak Sabar Tunggu Rilis! Ini 5 Fitur Baru iPhone 16

Selasa 10-09-2024,13:39 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Jajaran iPhone 16 terbaru memperkenalkan standar baru dengan sejumlah pembaruan menarik. Model iPhone 16 hadir dengan warna-warna baru, termasuk ultramarine, merah muda baja, serta pilihan warna putih dan hitam.Layarnya kini telah ditingkatkan dengan kecerahan puncak hingga 2.000 nits saat digunakan di luar ruangan.

iPhone 16 dilengkapi dengan tombol aksi yang dapat disesuaikan, mirip dengan fitur yang ada pada iPhone 15 Pro tahun lalu. Selain itu, terdapat tombol kontrol kamera baru yang memungkinkan pengguna menyesuaikan berbagai pengaturan kamera dengan menggeser jari atau menggunakan berbagai gerakan tekan.

iPhone 16 ditenagai oleh chip A18 terbaru yang dilengkapi mesin saraf 16 inti yang dioptimalkan untuk fitur intelijen Apple. Chip ini juga menawarkan peningkatan performa dengan CPU enam inti yang 30% lebih cepat dari iPhone 15 dan 60% lebih cepat dari iPhone 12, serta menggunakan daya 30% lebih sedikit, sehingga lebih hemat energi. Untuk GPU, iPhone 16 menggunakan GPU 5 inti yang 40% lebih cepat dari model sebelumnya dan mengonsumsi daya 35% lebih sedikit.

Apple juga memperkenalkan sejumlah fitur intelijen Apple, seperti "taman bermain gambar" emoji, pencarian gambar yang lebih cepat di aplikasi Foto, pembuatan film memori, dan Siri yang diperbarui dengan konteks pribadi. Fitur-fitur ini akan tersedia secara resmi bulan depan dengan dukungan bahasa yang terbatas, namun akan diperluas sepanjang tahun depan.

1. Fitur Pelacak Gambar dengan AI

Untuk fitur khusus iPhone 16, terdapat kecerdasan visual baru yang terintegrasi dengan tombol kontrol kamera. Misalnya, jika pengguna melihat restoran baru, cukup tekan tombol kontrol kamera dan arahkan ke restoran tersebut, maka informasi lengkap tentang restoran tersebut akan ditampilkan.

Hal yang sama berlaku untuk selebaran acara, yang secara otomatis menambahkan semua detail ke kalender. Jika melihat anjing di alam liar yang tidak dikenal, fitur ini dapat mengidentifikasinya.

BACA JUGA:7 Model iPhone Turun Harga Cukup Anjlok Pada September 2024

BACA JUGA:5 HP Android dengan Kamera Mirip iPhone Tapi Harga Lebih Terjangkau!

Kontrol kamera ini juga mendukung alat pihak ketiga seperti ChatGPT atau pencarian Google. Fitur kecerdasan visual ini akan hadir pada kontrol kamera iPhone 16 di akhir tahun ini.

2. Fitur SnapChat

Untuk fitur kontrol kamera lainnya, Apple menyoroti beberapa fungsi baru yang intuitif. Dengan satu kali klik, pengguna dapat langsung meluncurkan aplikasi kamera dan mengambil foto. Jika ingin merekam video, cukup tekan dan tahan tombol kamera. Semua kontrol ini bersifat kapasitif, sehingga gerakan sentuh yang berbeda akan menghasilkan respons yang berbeda pula.

Jika pengguna menekan tombol kamera dengan ringan, antarmuka pengguna (UI) yang bersih akan muncul, menampilkan berbagai opsi pengambilan gambar dengan overlay. Pengguna dapat menggeser maju atau mundur untuk menyesuaikan fitur seperti zoom, atau menekan tombol kamera dengan sentuhan ringan untuk mengatur kedalaman bidang.

Apple juga mengungkapkan bahwa aplikasi pihak ketiga, seperti Snapchat, dapat memanfaatkan kontrol kamera baru ini. Dengan desain kamera yang diubah dari diagonal menjadi vertikal di iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, pengguna kini dapat mengambil foto dan video spasial yang dapat dinikmati dengan perangkat Apple Vision Pro.

3. Daya Baterai Lebih Besar

iPhone 16 juga memiliki baterai yang lebih besar, dan dengan efisiensi daya dari chip A18, pengguna dapat mengharapkan peningkatan signifikan dalam masa pakai baterai. Menurut Apple, iPhone 16 dibanderol mulai dari $799, sementara model Plus mulai dari $899, dengan kapasitas penyimpanan dasar 128 GB.

Apple juga memperkenalkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max terbaru. iPhone 16 Pro kini hadir dengan layar berukuran 6,3 inci, sedangkan iPhone 16 Pro Max memiliki layar berukuran 6,9 inci.

Bezel pada kedua model ini telah dikurangi secara signifikan untuk mencapai peningkatan ukuran layar, tanpa perubahan besar pada faktor bentuknya. Bingkai iPhone 16 Pro dan Pro Max tetap terbuat dari titanium, namun kini tersedia dalam warna hitam, putih alami, dan warna baru "gold desert titanium."

Kategori :