Saptoyogo Kembali Pecahkan Rekor Pribadi Pada Final 200 M T376

Sabtu 07-09-2024,21:23 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- Atlet para atletik Indonesia, Saptoyogo Purnomo, kembali memecahkan rekor pribadinya dalam final lari 200 meter klasifikasi T37 di Paralimpiade Paris 2024 yang berlangsung di Stade de France, Sabtu. Saptoyogo mencatatkan waktu 23,26 detik, namun hanya berhasil finis di posisi kelima.

Dua pelari lainnya juga memecahkan rekor pribadi. Pelari asal Brasil, Bartolomeu da Silva Chaves, mencatatkan waktu 23,22 detik dan finis di posisi keempat, sementara rekan senegaranya, Christian Gabriel Luiz da Costa, memperoleh medali perunggu dengan catatan waktu 22,74 detik.

 

BACA JUGA:Berkontribusi Raih 2 Medali Emas di Olimpiade Paris, Anindya Bakrie Ceritakan Tanggapan Sang Ayah

 

Dua pelari tercepat berhasil mencetak rekor terbaik musim ini. Ricardo Gomes de Mendonca dari Brasil meraih medali perak dengan waktu 22,71 detik, dan medali emas diraih oleh Andrei Vdovin dari Neutral Paralympic Athlete (NPA), yaitu kontingen gabungan atlet Rusia dan Belarusia, dengan waktu 22,69 detik.

Saptoyogo mengaku terkejut dengan catatan waktu para finalis di nomor 200 meter T37. Meskipun sempat optimis meraih medali karena menjadi yang tercepat kedua di babak kualifikasi, hasil akhirnya tidak sesuai prediksi.

"Saya tidak menyangka hasilnya seperti ini, dan masih merasa yakin bisa meraih medali," ujar Saptoyogo, yang juga mengakui bahwa ketahanan fisiknya belum cukup untuk mempertahankan kecepatan di 200 meter. Pada 70 meter menjelang garis finis, para pesaing mulai meninggalkannya.

"Endurance saya kurang baik untuk jarak jauh. Jarak pendek seperti 100 meter adalah yang paling cocok untuk saya. Tapi 200 meter sangat sulit," ungkapnya.

Meskipun senang telah memecahkan rekor pribadi, Saptoyogo merasa sedikit kecewa karena hanya finis di posisi kelima dan berharap bisa membawa pulang medali.

Saptoyogo resmi menutup perjuangannya di Paralimpiade Paris 2024, di mana ia telah berhasil membawa pulang medali perak dari nomor 100 meter T37.

Kategori :