Ini 3 Jenis Cokelat dari Berbagai Negara yang Perlu Kamu Tahu, Enak dan Nikmat

Sabtu 07-09-2024,14:47 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Siapa sih yang nggak suka cokelat? Makanan manis yang satu ini memang punya tempat istimewa di hati banyak orang.

Ternyata, cokelat punya banyak jenis dan asal-usulnya yang menarik banget buat diulik. Dari biji kakao yang difermentasi, cokelat bisa diolah jadi beragam varian dengan karakteristik unik. Yuk, kenalan sama jenis-jenis cokelat dan negara penghasil cokelat terenak. 

Jenis-Jenis Cokelat dari Berbagai Negara dengan Rasa yang Nikmat dan Lezat 

1. Cokelat Hitam (Dark Chocolate)

Cokelat hitam adalah cokelat dengan kandungan kakao paling tinggi, biasanya di atas 70%. Makanya, warna cokelat ini cenderung lebih gelap dan rasanya lebih pekat, sedikit pahit, tapi tetap enak.

Biasanya, cokelat hitam sering dipakai buat bikin kue, pastry, atau snack karena kandungan lemak kakaonya bikin cokelat ini lebih mengkilap dan 'snap' yang keras pas dipecah. Kalau suka yang nggak terlalu manis, cokelat hitam bisa jadi pilihan favoritmu.

 

BACA JUGA:7 Manfaat Cokelat Putih untuk Kesehatan: Lebih dari Sekadar Gula dan Susu

BACA JUGA:5 Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan, Bisa Atasi Kecemasan dan Stres

 

2. Cokelat Susu (Milk Chocolate)

Kalau kamu suka cokelat yang lebih manis dan creamy, cokelat susu adalah jawabannya. Cokelat susu ini punya campuran susu, gula, dan kakao yang lebih rendah daripada cokelat hitam, jadi rasanya lebih lembut dan nggak sepekat cokelat hitam.

Cokelat ini pertama kali ditemukan oleh Daniel Peter, pembuat cokelat asal Swiss, yang mencoba mencampurkan susu bubuk ke dalam cokelat hitam. Nah, sejak saat itu, cokelat susu jadi hits banget di mana-mana!

3. Cokelat Putih (White Chocolate)

Cokelat putih sebenarnya nggak punya kandungan kakao padat, cuma ada lemak kakao alias cocoa butter, gula, dan susu.

Jadi, walaupun namanya cokelat, rasa dan tampilannya beda banget karena nggak ada unsur biji kakao yang bikin cokelat berwarna gelap. Rasanya manis banget dan creamy, cocok buat kamu yang suka manis. 

Kategori :