Makan Bunga? 7 Jenis Bunga yang Bisa Dimakan dan Kesehatan yang Didapatkan

Jumat 06-09-2024,20:35 WIB
Reporter : Cucun siti Maryam
Editor : Cucun siti Maryam

Bunga mawar bukan cuma cantik dan harum, tapi juga bisa dimakan! Mawar kaya akan vitamin A, C, E, serta mineral seperti kalsium dan zat besi. Rasanya yang manis mirip stroberi bisa menambah kelezatan pada salad atau makanan penutup.

Selain itu, antioksidan dalam bunga mawar dapat membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti diabetes, kanker, dan gangguan jantung. Jadi, selain jadi hiasan, mawar juga punya banyak manfaat kesehatan.

6. Nasturtium

Nasturtium adalah bunga dengan rasa pedas mirip merica dan sering ditemukan dalam masakan Meksiko atau hidangan etnis lainnya. Bunga ini mengandung vitamin B1, B2, B3, C, serta mineral penting seperti besi, mangan, dan fosfor.

Nasturtium juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang bisa membantu melawan infeksi dan menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, bunga ini menambah warna cerah pada hidangan, bikin makanan kamu jadi lebih menarik!

7. Hibiscus (Kembang Sepatu)

Hibiscus atau kembang sepatu sering digunakan dalam berbagai olahan kuliner. Bunga ini bisa diolah jadi sirup, jeli, saus, atau manisan. Hibiscus juga sering ditambahkan ke dalam minuman untuk menambah rasa dan aroma.

Selain memberikan cita rasa yang khas, bunga hibiscus juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Air seduhan bunga hibiscus bisa digunakan sebagai pewarna alami dalam berbagai produk pangan seperti es krim, sirup, dan roti.

 

Kategori :