PON XXI Diyakini Membuka Peluang Usaha Dan Lapangan Kerja

Senin 02-09-2024,23:13 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyakini, penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatra Utara pada 9-20 September 2024 dapat meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sehingga memberikan dampak luas pada ekonomi dan terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya, dalam jumpa pers mingguan berlangsung secara hybrid, Kemenparekraf mendukung pelaksanaan PON 2024, bahkan mendapat tugas sebagai wakil ketua pelaksana bidang pendampingan penyelenggaraan.

"Penyelenggaraan ini akan berdampak positif tentunya pada sektor makanan minuman atau kuliner juga diprediksi akan meningkatkan jumlah kunjungan tamu termasuk atlet yang diperkirakan mencapai 20 ribu orang," ujarnya.

Bank Indonesia (BI) Aceh memprediksi penyelenggaraan PON XXI akan memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi Aceh sebesar 4 hingga 4,8 persen.

"Bercermin pada Asian Games di Sumatra Selatan, produk lokal pempek yang biasanya diproduksi 100 kilogram, saat PON digelar permintaan naik sehingga harus diproduksi 200 sampai 300 kilogram. Mudah-mudahan dengan menjadi tuan rumah PON ini juga akan terjadi hal yang sama bagi pelaku ekraf di Aceh dan Sumatra Utara," katanya.

Adapun dukungan Kemenparekraf dalam kegiatan ini adalah penyelenggaraan kegiatan sampingan dengan mendukung beberapa kegiatan daerah yang tergabung dalam Karisma Event Nusantara (KEN) yang berlokasi di Aceh, Sumatra Utara, dan Surakarta. Seperti diketahui, Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII akan digelar di Surakarta pada 6-13 Oktober 2024.

"Kemenparekraf juga mempromosikan kegiatan PON XXI dan PERPANAS XVII tahun 2024 melalui media yang dimiliki," ujarnya.

Kemenparekraf bekerja sama dengan industri yakni agen perjalanan daring (online travel agent/OTA) juga menghadirkan sejumlah paket wisata serta pendampingan dalam upacara penutupan kegiatan.

Beberapa paket perjalanan tersebut di antaranya; Sei Binge Rafting dan Bukit Lawang Trekking (3D2N), Amazing Lake Toba dan Berastagi Tour (4D3N), Wildlife Adventure Bukit Lawang dan Tangkahan (4D3N), Medan Heritage City Tour (Full Day), Dana Toba – Berastagi – Medan (3D2N/ 4D3N), Danau Toba – Bukit Siabea-Bea – Taman Simalem Resort – Medan (5D4N), Danau Toba – Bukit Sia Bea-Bea – Bukit Lawang (5D4N).

Kategori :