TNI-Polri Gelar Apel Gabungan Jelang Pengamanan Paus Dan ISF 2024

Minggu 01-09-2024,21:08 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- TNI dan Polri akan melaksanakan apel gelar pasukan gabungan pada besok Senin (2/9) dalam rangka pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan acara International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta.

“Sebagai persiapan pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan kegiatan ISF di Jakarta, akan dilaksanakan apel gelar pasukan gabungan di Mabes TNI Cilangkap dipimpin oleh Dankor Brimob selaku Kaops dan Pangkogabwilhan I,” kata Kepala Satgas Humas Operasi Tribrata Jaya 2024 Brigjen Pol. Tjahyono Saputro dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Ia menjelaskan, apel pasukan gabungan ini dilakukan agar setiap personel tahu fungsi dan tugasnya, sehingga dalam pelaksanaan nanti tidak ada kesalahan.

Dalam pengamanan nantinya, kata dia, sebanyak 4.000 personel gabungan akan dikerahkan, mulai dari TNI, Polri, Paspampres, BSSN, BNPT, BNPB, hingga Pemda.

Adapun kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta akan berlangsung pada 3–6 September 2024. Agenda kegiatan Paus dimulai dari kegiatan kenegaraan yang diterima oleh Presiden Joko Widodo hingga pelaksanaan misa akbar di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, pada 5 September.

Ia mengatakan, untuk memperlancar pengamanan, polisi telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas, salah satunya buka tutup jalan.

“Salah satu rekayasa lalu lintas hanya sifatnya buka tutup jalan yang dilalui rombongan Paus Fransiskus yang wilayahnya sesuai objek pengamanan, mulai dari bandara sampai Gereja Katedral,” ucapnya.

Objek pengamanan lainnya adalah Istana Merdeka, Masjid Istiqlal, dan GBK yang menjadi tempat pelaksanaan misa akbar.

Tjahyono juga menyampaikan permintaan maaf dan berharap masyarakat dapat memahami apabila terkena imbas rekayasa lalu lintas.

“Kami dari Polri meminta maaf jika ada masyarakat terkena imbas rekayasa lalu lintas. Semua itu kami lakukan agar pengamanan berjalan lancar dan membuat Indonesia di mata dunia menjadi negara yang layak dikunjungi,” ucapnya.

Diketahui, Polri menggelar Operasi Tribrata Jaya 2024 dalam rangka pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan penyelenggaraan ISF 2024. Operasi tersebut akan digelar selama enam hari, yakni tanggal 2–7 September 2024. Sejumlah persiapan sudah dilakukan, mulai tactical floor game (TFG) hingga kesiapan personel.AZ

Adapun Paus Fransiskus akan berkunjung pada tanggal 3–6 September, sedangkan ISF 2024 digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada 5–6 September.

Kategori :