Kelurahan Cicadas Resmi Dicanangkan Sebagai Kelurahan Cinta Statistik 2024 oleh BPS Kota Bandung

Jumat 30-08-2024,11:15 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Pada Selasa, 27 Agustus 2024, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung mengadakan kegiatan sosialisasi dan pencanangan Kelurahan Cicadas sebagai Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) Tahun 2024.

Program Desa/Kelurahan Cantik merupakan inisiatif BPS yang telah berjalan sejak 2021 sebagai langkah strategis dalam mempercepat pembinaan statistik di level desa dan kelurahan. Tahun ini, Kelurahan Cicadas, yang berada di Kecamatan Cibeunying Kidul, menjadi salah satu kelurahan yang diikutsertakan dalam program ini, mewakili Kota Bandung.

Tujuan utama dari program Desa/Kelurahan Cantik adalah untuk meningkatkan literasi statistik, kesadaran, dan partisipasi aktif perangkat kelurahan dan masyarakat dalam kegiatan statistik.

Selain itu, program ini juga berupaya melakukan standardisasi pengelolaan data statistik dan optimalisasi pemanfaatan data tersebut agar program pembangunan di kelurahan dapat tepat sasaran.

 

BACA JUGA:BPS Kota Bandung Gelar Sosialisasi Pembinaan Statistik Sektoral untuk Perangkat Daerah

BACA JUGA:BPS Umumkan Tekanan Inflansi Beras Turun Sebesar 0,43 Persen di November 2023

 

Dengan adanya program ini, diharapkan terbentuk agen-agen statistik yang kompeten di level kelurahan, yang berperan sebagai ujung tombak dalam penyelenggaraan statistik yang berkualitas.

Kegiatan pencanangan ini berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Cicadas dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Bapelitbang Kota Bandung, Sekretaris Kecamatan Cibeunying Kidul, Lurah Cicadas, Tim Pembina Desa Cantik BPS Kota Bandung, serta perangkat kelurahan dan agen statistik Kelurahan Cicadas.

Pencanangan Kelurahan Cicadas sebagai Kelurahan Cantik secara resmi dilakukan oleh Kepala BPS Kota Bandung.

Lurah Cicadas menyambut baik inisiatif ini dan menyatakan kesiapan penuh Kelurahan Cicadas sebagai target pembinaan program Desa Cantik tahun 2024.

 

BACA JUGA:BPS Sebut Inflansi Tahunan Sebesar 2,35 Persen di Jawa Barat

BACA JUGA:10 Kota Termiskin di Indonesia Pada 2024 Menurut Data BPS

Kategori :