BPS Kota Bandung Gelar Sosialisasi Pembinaan Statistik Sektoral untuk Perangkat Daerah

Kamis 29-08-2024,20:54 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

 

Selama acara berlangsung, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Y. Ahmad Brilyana, S.Sos., M.Si., memberikan paparan mengenai perkembangan pembangunan statistik sektoral di Kota Bandung. Ia menekankan bahwa penggunaan data yang baik dan valid akan mendukung berbagai kebijakan strategis yang diambil pemerintah daerah.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Bandung, Samiran, MT., menyampaikan rencana Pembinaan Statistik Sektoral untuk tahun 2024. Ia menjelaskan pentingnya pendampingan yang komprehensif kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kecamatan dalam menghasilkan, menyajikan, serta memanfaatkan data statistik yang berkualitas.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada OPD dan Kecamatan tentang pentingnya penyelenggaraan statistik sektoral yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan seluruh OPD dan Kecamatan di lingkup Pemerintah Kota Bandung dapat lebih optimal dalam menghasilkan, menyajikan, dan memanfaatkan data statistik yang berkualitas.

Kegiatan ini juga sejalan dengan upaya BPS dalam mewujudkan penyediaan data berkualitas demi Indonesia Maju, serta menyelaraskan proses bisnis statistik yang terstandar di berbagai sektor pemerintahan. Dengan begitu, peningkatan kematangan penyelenggaraan statistik sektoral di Kota Bandung dapat tercapai, mendukung perwujudan Satu Data Indonesia yang diatur dalam Perpres No. 39 Tahun 2019.

Kategori :