Penerbangan Kertajati-Singapura Akan Beroperasi 28 September 2024

Selasa 27-08-2024,12:25 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan membuka rute penerbangan dari Kertajati, Majalengka, ke Singapura mulai 28 September 2024.

Direktur PT BIJB, Muhammad Singgih, menyatakan bahwa maskapai Scoot akan melayani penerbangan di rute Kertajati-Singapura tersebut.

"Kehadiran penerbangan Scoot diharapkan menjadi momentum kebangkitan Bandara Kertajati, mengingat fasilitas di bandara ini sudah sangat memadai," ujar Singgih di Bandung, Selasa.

Singgih juga mengungkapkan bahwa menjelang penerbangan perdana, tersedia tiket promo seharga Rp450.000 yang bisa dibeli masyarakat mulai 6 Agustus 2024.

 

BACA JUGA:Damri Dukung Layanan Transportasi Menuju Bandara Kertajati

BACA JUGA:Pemkot Cirebon Berangkatkan Rombongan Pertama Calon Haji Tergabung Dalam Kloter 15 Melalui Bandara Kertajati

 

Selain itu, terdapat promo tiket shuttle gratis antarmoda dari dan ke BIJB Kertajati. Sebanyak 3.014 tiket shuttle gratis, termasuk 1.360 di antaranya dari Scoot, dapat digunakan hingga akhir Desember 2024. Untuk mengklaim tiket shuttle, penumpang cukup menunjukkan "boarding pass" atau tiket pesanan mereka.

Rute Majalengka-Singapura ini merupakan rute internasional komersial kedua setelah sebelumnya dibuka rute Majalengka-Kuala Lumpur.

Singgih berharap penambahan rute internasional ini menjadi awal bagi penerbangan langsung (direct) lainnya ke berbagai negara.

"Kami berharap penerbangan Scoot ini bisa membuka peluang untuk penerbangan umrah dan penerbangan langsung ke Timur Tengah," kata Singgih.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar, mengatakan BIJB memiliki fasilitas yang memadai dan reputasi baik, terutama setelah menjadi embarkasi dan debarkasi resmi haji dengan kode penerbangan 'KJT' pada musim haji tahun ini.

Benny juga menambahkan bahwa rute baru Majalengka-Singapura akan menghidupkan kembali sektor pariwisata di kawasan pantura seperti Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Indramayu.

Harapannya, hal ini akan meningkatkan okupansi hotel, munculnya destinasi wisata baru, tempat akomodasi baru, serta pertumbuhan agen perjalanan.

Rute ini juga akan meningkatkan konektivitas antara dua provinsi. "Penerbangan langsung ke Singapura ini tidak hanya memudahkan akses warga Jabar, tetapi juga warga Jateng di sekitar pantura seperti Kabupaten Brebes," kata Benny Bachtiar.

Dengan adanya Tol Trans Jawa, perjalanan dari Jawa Tengah ke Majalengka menjadi lebih singkat, demikian juga bagi warga Bandung Raya dengan adanya Tol Cisumdawu, BIJB menjadi alternatif yang menarik.

"Masyarakat kini semakin mudah untuk bepergian ke Singapura, baik untuk wisata, berobat, bisnis, atau sekolah," tambah Benny.

Kategori :