Hadiri Pelantikan Anggota DPRD, Bupati Bandung Titipkan Tiga Pesan Tupoksi Legislatif

Selasa 27-08-2024,07:02 WIB
Reporter : Cucun siti Maryam
Editor : Cucun siti Maryam

Pada kesempatan yang sama, Kang DS juga mengucapkan selamat bertugas kepada yang terhormat anggota DPRD Kabupaten Bandung 2024-2029.

Para anggota DPRD yang telah dilantik ini diharapkan dapat terus melanjutkan kebersamaan dan sinergitas yang sudah dibangun bersama.

Lebih jauh Kang DS menyampaikan, pembangunan yang berkelanjutan dituangkan dalam RPJPN dan RPJPD 2025-2045 yang sudah diparipurnakan, serta KUA PPAS juga sudah dibahas.

Saat ini, kata ia, tinggal pembahasan RAPBD 2025 yang akan diikuti mekanismenya oleh anggota DPRD Kabupaten Bandung 2024-2029, termasuk RPJMD Kabupaten Bandung 2021-2026.

"Oleh karena itu atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Bandung, kami mengucapkan selamat atas dilantiknya Bapak Ibu anggota DPRD Kabupaten Bandung periode 2024-2029," ucapnya.

Ia menilai, pelantikan ini adalah momen yang sakral karena rakyat Kabupaten Bandung telah mempercayakan suara mereka. 

"Tidak hanya untuk diwakili, tetapi juga untuk diperjuangkan aspirasinya," tegasnya.

"Ini adalah tugas yang sangat mulia karena sejak saat ini Bapak Ibu mengemban tanggung jawab yang besar," sambungnya.

Kemudian Kang DS juga menitipkan tiga hal utama sesuai tugas pokok dan fungsi anggota DPRD yang dapat dijadikan fokus pengabdiian.

Pertama, melindungi dan memperjuangkan kepentingan rakyat melalui fungsi legislasi DPRD. 

Karena itu menurutnya anggota dewan perlu memaksimalkan waktu untuk bertanya dan menampung aspirari dengan baik.

Proses komunikasi tersebut bisa dilakukan tidak hanya melalui media konvensional tatap muka, tetapi juga memanfaatkan teknologi informasi seperti media sosial maupun media massa.

Kedua, lanjut Kang DS, yakni memaksimalkan peran DPRD dalam melaksanakan fungsi budgeting atau penyusunan anggaran sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat. 

Ketiga, paparnya, terkait dengan fungsi pengawasan anggota DPRD yang dilaksanakan dengan efektif dan obyektif dibarengi niat yang tulus dan sepenuh hati.

"Hal ini demi berlangsungnya proses kontrol yang seimbang terhadap pelaksanaan tugas eksekutif dalam menjalankan manajemen pemerintahan dan pembangunan," tandas Kang DS.*(ysp)

Kategori :