10 Kota Tergelap di Dunia dengan Malam Hari Panjang

Minggu 25-08-2024,07:52 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Matahari merupakan sumber kehidupan yang sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup. Namun, tahukah kalian bahwa ada beberapa kota tergelap di dunia yang sangat jarang tersentuh oleh hangatnya matahari?

Alih-alih menikmati indah dan cerahnya hari, di beberapa kota ini matahari seolah enggan muncul dan lebih memilih bersembunyi di balik awan mendung selama berbulan-bulan.

Akibatnya, kota-kota ini hampir selalu diselimuti oleh kegelapan dan suhu yang ekstrem hingga kurang dari 0 derajat celcius.

Kami ingin mengajak Anda untuk melihat beberapa kota tergelap di dunia yang hanya mendapatkan sinar matahari selama beberapa jam dalam setahun.

10 Kota Tergelap di Dunia

Berikut ini kami telah merangkum 10 kota dengan malam terpanjang di dunia dan jarang tersinari oleh matahari.

1. Murmansk – Rusia

Murmansk merupakan kota yang terletak di bagian utara Rusia dan menjadi salah satu kota tergelap di dunia. Bukan tanpa alasan, kota ini berada di dekat lingkaran Arktik, sehingga saat musim dingin tiba, kota ini diselimuti oleh kegelapan selama 40 hari karena tidak disinari matahari sama sekali.

BACA JUGA:10 Kota Hantu Tanpa Penghuni, Terpopuler di Dunia

BACA JUGA:10 Kota Terdingin di Indonesia Pada 2024, Cocok untuk Penyuka Iklim Sejuk

Murmansk diperkirakan hanya menerima sekitar 1.715 jam sinar matahari per tahun. Sebagai perbandingan, Jakarta biasanya menerima sekitar 6.285 jam sinar matahari per tahun.

Kondisi ini membuat kehidupan di Murmansk memiliki tantangan tersendiri, di mana penduduknya harus beradaptasi dengan musim dingin yang begitu panjang dan musim panas yang sangat singkat.

2. Kiruna – Swedia

Selanjutnya, ada Kiruna, kota yang terletak di bagian utara Swedia. Kiruna hanya mendapat paparan sinar matahari selama 1.680 jam per tahun dan terkenal sangat gelap saat musim dingin.

Pada bulan Desember, terjadi fenomena polar night, yaitu kondisi di mana matahari tidak muncul sama sekali selama 24 jam.

Uniknya, di kota ini juga terjadi fenomena kebalikan dari polar night, yaitu midnight sun, di mana matahari bersinar tanpa henti, bahkan hingga tengah malam, dari akhir Mei hingga pertengahan Juli.

3. Yuzhno-Kurilsk – Rusia

Yuzhno-Kurilsk merupakan salah satu kota tergelap di dunia, yang hanya disinari matahari selama 1.662 jam dalam setahun. Kota ini terletak di Kepulauan Kuril, yang lebih dekat dengan Jepang tetapi merupakan bagian dari Rusia.

Selama musim dingin, sudut datangnya sinar matahari di kota ini sangat miring, menyebabkan intensitas cahaya matahari yang mencapai Yuzhno-Kurilsk menjadi sangat rendah. Bahkan, pada beberapa hari, matahari tidak muncul sama sekali di atas ufuk.

Kategori :