7 Nasihat Keras Ini Sangat Berguna dalam Kehidupan, Ketahui Sebelum Terlambat!

Minggu 25-08-2024,19:28 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Nasehat ini mungkin membuat Anda kesal, marah, atau bahkan frustrasi, tapi penting untuk mendengarnya sebelum terlambat.

Ketika kita ingin berubah namun tidak memiliki motivasi yang cukup untuk melawan kemalasan dan kebosanan terhadap kehidupan yang monoton, kita sering kali membutuhkan dorongan keras atau bahkan kasar untuk memicu perubahan.

Semoga nasehat berguna ini bisa menjadi bahan bakar untuk Anda bergerak lagi. Berikut adalah 7 nasehat kehidupan yang harus kamu ketahui sebelum terlambat.

1. Ketika Kamu Sedang Malas-Malasan, Ada Banyak Orang yang Ingin Menyaingimu

Ketika Anda malas, banyak orang di luar sana yang sedang berjuang. Saat Anda sibuk stalking Instagram, di sisi lain ada orang yang berusaha keras belajar.

Ketika Anda menghabiskan waktu dengan game atau menonton serial Netflix hingga larut malam, di sisi lain ada orang yang bangun malam untuk salat tahajud dan belajar. Jadi, jangan pernah mengeluh bahwa Tuhan tidak adil jika hasil yang didapatkan berbeda.

BACA JUGA:7 Dampak Positif dari Memiliki Sikap Kompetitif, Bisa Bikin Orang Semakin Termotivasi?

BACA JUGA:5 Pelajaran yang Terlambat Kita Pelajari Dalam Hidup

2. Rajin Aja Belum Tentu Dapat, Apalagi yang Malas

Mendapatkan sesuatu yang kita inginkan tidaklah mudah. Ada yang sudah belajar mati-matian namun nilai yang didapat belum maksimal, atau sudah bekerja keras tapi belum mendapat promosi.

Jika orang yang sudah berusaha keras pun belum tentu mendapatkan hasil yang diinginkan, apalagi orang yang malas. Keberuntungan bukan hanya soal nasib, ia juga hasil dari mempersiapkan diri dengan baik.

Ketika kesempatan datang, orang yang siap adalah yang akan mendapatkan keberuntungan. Persiapkan diri sebaik mungkin dan Insya Allah, kesempatan akan datang.

3. Kalau Kamu Tidak Sanggup Menahan Lelahnya Belajar, Maka Siap-Siap Menahan Perihnya Kebodohan

Kata-kata Imam Syafi'i ini sangat menggugah. Perbedaan cara berpikir antara orang yang terus belajar dan yang tidak akan sangat terlihat jelas. Cobalah lihat di sekitar Anda: teman-teman yang hanya bermain game, berjudi, atau menonton serial Netflix secara berlebihan dibandingkan dengan mereka yang fokus belajar.

Cara berpikir mereka akan sangat berbeda. Kita sering melihat kelompok-kelompok yang serupa bergaul dengan yang serupa—orang pintar dengan orang pintar, penggemar game dengan penggemar game, dan seterusnya.

Jadi, jangan biarkan diri Anda terjebak dalam kebodohan. Lebih baik lelah belajar sekarang daripada harus menanggung kebodohan seumur hidup, karena dunia ini bisa sangat kejam.

4. Kalau Kamu Tidak Jalan Sekarang, Besok Kamu Harus Berlari

Kutipan ini khusus untuk mereka yang suka menunda pekerjaan. Hati-hati dengan sikap "Ntar dulu, masih banyak waktu."

Apalagi untuk tugas-tugas penting seperti pekerjaan kantor dengan deadline atau tugas sekolah dan kampus. Lebih baik segera menyelesaikannya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Kategori :