19 Ribu Lebih Petugas Gabungan Disiagakan Polda Jabar untuk Amankan Pilkada 2024

Selasa 20-08-2024,11:36 WIB
Reporter : Sandi Nugraha
Editor : Tiara Disa P

RADAR JABAR - Sebanyak 19 ribu lebih petugas gabungan yang meliputi unsur Polri, TNI, hingga Limas, kini mulai disiagakan oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) melalui Operasi Mantap Praja 2024. 

Operasi yang akan dilaksanakan selama 118 hari ke depan ini, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Jules Abraham Abast menyebut hal ini dilakukan dalam rangka untuk melakukan pengamanan perhelatan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 atau Pilkada.

"Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan pengamanan  Pilkada Serentak yang akan kita laksanakan selama 118 hari, mulai dari tanggal 21 Agustus  (besok) sampai dengan tanggal 16 desember 2024 (nanti)," ucapnya usai apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2024 di Jl Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (20/8).

BACA JUGA:Hasto Kristiyanto Penuhi Panggilan KPK, Diperiksa Sebagai Saksi Kasus Korupsi DJKA Kemenhub  

Jules menjelaskan, melalui operasi ini, nantinya para petugas gabungan akan fokus kepada pengamanan jalannya proses Pilkada Serentak di Jabar. Sebab berdasarkan data yang dimilikinya, dalam pelaksana pilkada kali ini terdapat 285 tempat pemungutan suara (TPS) yang masuk kedalam kategori rawan.

"Kita akan mengamankan 1 wilayah provinsi, 9 wilayah Kota,  dan 18 wilayah Kabupaten, dengan mengamankan sebanyak Pemilih 30 juta lebih jumlah Pemilih ini yang ada di wilayah hukum Polda Jabar. Selain itu, kita juga akan mengamankan sebanyak 62.181 ribu TPS, yang dimana 63 TPS diantaranya masuk kedalam kategori sangat rawan, 285 rawan, dan kurang rawan ada 61.800," ungkapnya

Maka dari itu, dengan adanya pengamanan ini, Jules menuturkan pihaknya khusunya unsur Polri akan terus bekerja secara maksimal agar pelaksanaan pilkada serentak di Jabar dapat berjalan aman, lancar, dan kondusif.

BACA JUGA:Gerindra Deklarasikan Ridwan Kamil-Suswono sebagai Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta

"Jadi secara keseluruhan Polri mengerahkan sebanyak 19.752 personil (gabungan) yang terdiri dari personel Polda Jabar dan Polres-polres se- Jabar, kemudian, dari TNI ada kurang lebih 9.897 personel, dan linmas 236.624 personel," pungkasnya.(San).

Kategori :