Pilkada di Kabupaten Bogor Diperketat, Polda Jabar Waspadai Kerawanan Tinggi dan Terorisme

Senin 19-08-2024,16:04 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Polda Jabar memberikan perhatian khusus kepada Polres Bogor dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Jabar, Kombes Budi Wasono mengatakan, wilayah Kabupaten Bogor merupakan daerah dengan jumlah penduduk terbanyak di Jawa Barat.

Oleh karena itu, Kabupaten Bogor membutuhkan penanganan khusus untuk mencegah terjadinya konflik selama pelaksanaan Pilkada 2024.

BACA JUGA:Ribuan Pendaki Jelajahi Gunung Ciremai Selama Perayaan HUT ke-79 RI

"Pak Kapolres menyampaikan bahwa jumlah penduduknya mencapai sekitar 6 juta jiwa. Tentu hal ini menjadi perhatian khusus karena jumlah penduduknya yang besar, dan kita berupaya untuk mengantisipasi potensi konflik," ujarnya.

Menurutnya, simulasi yang dilaksanakan tersebut merupakan representasi dari upaya kolaboratif kepolisian, Pemerintah Kabupaten Bogor, dan penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah dalam menjaga keamanan.

"Jadi, mari kita semua berpikir tentang skenario terburuk. Bagaimana jika terjadi permasalahan besar? Apa langkah-langkah yang harus dilakukan? Jajaran harus siap, termasuk kekuatan wilayah yang tentu akan kita siapkan baik untuk Bogor maupun seluruh jajaran di wilayah Jawa Barat," ungkapnya.

BACA JUGA:RK Maju di Jakarta, Indo Riset Sebut Dedi Mulyadi Moncer di Pilgub Jabar

Selain itu, Budi pun mengungkapkan antisipasi nya terkait terorisme yang ada di Bogor dan telah bekerja sama dengan Densus.

"Hal tersebut sudah kami antisipasi terkait terorisme. Kami telah bekerja sama dengan jajaran Densus dan melakukan rapat koordinasi di Bandung kemarin," jelasnya.

"Menyikapi jumlah penduduk yang tergolong besar, kami perlu memberikan perhatian khusus agar seluruh rangkaian kegiatan dapat dijaga keamanannya dengan baik," pungkasnya.

 

Reporter: Muhamad Ilham Arizki

Editor: Sandi

Kategori :